I WAYAN SUPARIANA, - (2023) PEMANFAATAN GADGET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 4 KERTA PAYANGAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1811031063_I WAYAN SUPARIANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
PEMANFAATAN GADGET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI
KELAS IV SD NEGERI 4 KERTA PAYANGAN
I WAYAN SUPARIANA
Jurusan Pendidikan GuruSekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: supariana.bali@gmail.com
Pendidikan merupakan usaha membina kepribadian dan kemajuan
manusia baik fisik maupun moral, Teknologi digunakan dalam dunia penididikan
seperti gadget memberikan berbagai kemudahan dalam proses belajar mengajar.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah strategi guru
dalam memanfaatkan gadget pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 4
Kerta Payangan? (2) Apa sajakah dampak yang ditimbulkan dari penggunaan
gadget pada pembelajaran tematik di kelas tersebut? (3) Bagaimanakah peranan
guru dalam memanfaatkan gadget pada pembelajaran tematik? Penelitian ini
bertujuan untuk Untuk (1) mendeskripsikan Strategi guru dalam memanfaatkan
gadget pada pembelajaran tematik(2) Untuk menganalisis Dampak penggunaan
gadget pada pembelajaran tematik (3) Untuk menjelaskan peranan guru dalam
memanfaatkan gadget pada pembelajaran tematik. Teori yang digunakan untuk
menganalisis masalah ini adalah teori behavioristik, teori kontruktivisme, teori
motivasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,
studi kepustakaan, studi dokumentasi. Teknik penentuan informan yang di gunakan
purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi guru dalam memanfaatkan
gatget pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 4 Kerta Payangan ada 1
yaitu Strategi Ekspositori strategi pembelajaran dimana guru memiliki peranan
yang dominan, dalam pembelajaran di kelas., 2) dampak penggunaan gadget pada
pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 4 Kerta payangan meliputi tiga dampak
yaitu: dampak bagi peserta didik yaitu (1) dampak positif yaitu mendapatkan
kemudahan untuk memperoleh informasi, peserta didik bisa mengenal berbagai hal
dan bisa menonton video-video pembelajaran, (2) dampak negatif bagi peserta
didik, timbul kemalasan dalam menulis dan membaca, penurunan dalam
kemampuan bersosialisai dan adanya kecenderungan bermain game online, dampak
bagi guru meliputi, (1) memudahkan guru dalam pemberian tugas kepada peserta
didik (2) memudahkan dalam menyampaikan materi pembelajaran, (3)
memudahkan pekerjaan, dan dampak bagi sekolah adalah, memudahkan sistem
administrasi sekolah, mempermudah komunkasi dengan sekolah lain, (3) peranan
guru dalam memanfaatkan gadget pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri
4 Kerta ada tiga peranan di antaranya: (1) guru berperan sebagai motivator, (2) guru
berperan sebagai inovator, (3) guru berperan sebagai fasilitator, (4) guru berperan
sebagai evaluator.
Kata Kunci: Gadget, Pembelajaran Tematik, Peranan Guru
ABSTRACT
PEMANFAATAN GADGET PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI
KELAS IV SD NEGERI 4 KERTA PAYANGAN
I WAYAN SUPARIANA
Jurusan Pendidikan GuruSekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: supariana.bali@gmail.com
Education is an effort to foster personality and human progress both physically
and morally. Technology is used in the world of education such as gadgets to
provide various conveniences in the teaching and learning process. The problems
discussed in this study are: (1) What is the teacher's strategy for using gadgets in
thematic learning in class IV SD Negeri 4 Kerta Payangan? (2) What are the
impacts of the use of gadgets on thematic learning in the class? (3) What is the
teacher's role in utilizing gadgets in thematic learning? This study aims to (1)
describe the teacher's strategy for using gadgets in thematic learning (2) to analyze
the impact of using gadgets on thematic learning (3) to explain the teacher's role
in using gadgets in thematic learning. Theories used to analyze this problem are
behavioristic theory, constructivism theory, motivation theory. Methods of data
collection using the method of observation, interviews, literature study,
documentation study. The informant determination technique used was purposive
sampling.
The results showed that: (1) the teacher's strategy for using gadgets in
thematic learning in class IV SD Negeri 4 Kerta Payangan is 1, namely the
Expository Strategy learning strategy where the teacher has a dominant role, in
class learning, 2) the impact of using gadgets on thematic learning in class IV SD
Negeri 4 Kerta Payangan includes three impacts, namely: the impact on students,
namely (1) the positive impact is getting it easy to obtain information, students
can get to know various things and can watch learning videos, (2) the impact
negative for students, laziness in writing and reading arises, a decrease in social
skills and a tendency to play online games, the impact on teachers includes, (1)
makes it easier for teachers to give assignments to students (2) makes it easier to
convey learning material, (3 ) facilitating work, and the impact on schools is,
facilitating the school administration system, facilitating communication with
other schools, (3) the teacher's role in utilizing gadgets in thematic learning in
class IV SD Negeri 4 Kerta there are three roles including: (1) the teacher's role as
a motivator, (2) the teacher acts as an innovator, (3) the teacher acts as a
facilitator, (4) the teacher acts as an evaluator.
Keywords: Gadgets, Thematic Learning, The Role of the Teacher
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:05 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/809 |