STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TENGAH TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DARING KE LURING DI SDN 5 SONGAN KINTAMANI BANGLI

NI KADEK ARPINI, - (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TENGAH TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DARING KE LURING DI SDN 5 SONGAN KINTAMANI BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811031100_NI KADEK ARPINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI TENGAH
TRANSFORMASI PEMBELAJARAN DARING KE LURING
DI SD NEGERI 5 SONGAN KINTAMANI BANGLI.

NI KADEK ARPINI

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E. Mail: kadekarvini@icloud.com

Pembelajaran tematik merupakan suatu strategi pembelajaran yang
memadukan antara berbagai mata pelajaran atau bidang studi dengan menggunakan
tema tertentu. Yang dilakukan secara langsung atau direncanakan terlebih dahulu,
baik dari pelajaran atau lebih dan disertakan dengan berbagai pengalaman belajar
siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna. Strategi pembelajaran tematik lebih
mengutamakan pengalaman belajar siswa secara langsung dan menghubungkannya
dengan konsep lain yang sudah dipahami sesuai dengan kebutuhan dan
perkembangan siswa. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1)
Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran tematik melalui luring di SD Negeri
5 Songan? (2) Apa saja hambatan dalam pembelajaran tematik yang dilakukan guru
pada pembelajaran luring di SD Negeri 5 Songan? (3) Apa saja upaya yang
dilakukan guru dalam mengatasi hambatan dalam pembelajaran tematik melalui
luring di SD Negeri 5 Songan? Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah
ini adalah: (1) Teori Behavioristik, (2) Teori Belajar Humanistik dan (3) Teori
Konstruktivisme, Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode kepustakaan. Data yang telah
dikumpulkan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/
menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran
berkenaan dengan kegiatan pembelajaran yang tertuang dalam Tahap Persiapan,
Tahap Pelaksanaan, dan Tahap evaluasi. Strategi pembelajaran yang digunakan di
SD Negeri 5 Songan khususnya guru yang mengajar tematik adalah dengan
menggunakan metode pembelajaran. Ketiga metode tersebut adalah (1) Metode
ceramah, (2) Metode kerja kelompok, (3) Metode penugasan. Kendala-kendala
yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik diantaranya: (1) Penyusunan RPP
yang belum optimal, (2) Kondisi dan karakter siswa (3) Manajemen waktu yang
kurang, dan (4) Evaluasi pembelajaran tematik. Upaya yang dilakukan guru untuk
menyelesaikan hambatan-hambatan yang dihadapi guru saat melaksanakan proses
belajar mengajar dalam pembelajaran tematik adalah: (1) Peningkatan
profesionalitas guru, (2) Pemahaman Karakteristik siswa, (3) Efektivitas
pengelolaan kelas, dan (4) Penilaian dalam pembelajaran tematik.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:05
Last Modified: 21 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item
View Item