PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI PINGGAN

I MADE ARTAWAN ADNYANA, - (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI PINGGAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811031111_I MADE ARTAWAN ADNYANA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH

DASAR NEGERI PINGGAN
I Made Artawan Adnyana
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Email: artawanadnyana1999@gmail.com

Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari seorang guru karena guru
mempunyai peran yang sangat penting. Guru adalah orang yang bekerjanya
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik. Walaupun peranannya sangat menentukan, namun harus disadari
bahwasanya guru bukan satu-satunya penentu keberhasilan atau kegagalan
pembelajaran. Sebab, keberhasilan atau kegagalan pembelajaran dipengaruhi oleh
beragam faktor yang saling berkaitan. Salah satu faktor penentu keberhasilan adalah
adanya motivasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan
untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan minat
belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Pinggan. (2) Mengetahui
dan mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
pembelajaran tematik di kelas IV SDN Pinggan. pendekatan penelitian yaitu
pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi
penelitian adalah SDN Pinggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan data
dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data
yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini
menyatakan bahwa: (1) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Pinggan ditunjukkan dengan adanya
guru sebagai demonstrator,pengelola kelas, mediator dan fasilitator serta evaluator.
(2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah: a) guru sebagai
demonstrator: menggunakan metode yang sesuai, menggunakan bahasa yang
mudah dimengerti, b) guru sebagai pengelola kelas: memperhatikan konsentrasi
siswa, merolling tempat duduk, c) guru sebagai mediator dan fasilitator:
menyediakan media dan fasilitas belajar, memutarkan film, d) guru sebagai
evaluator: memberi hadiah, memberi nilai atau angka, memberi pujian dan
hukuman.
Kata Kunci: Peran Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Tematik

ABSTRACT

THE ROLE OF THE TEACHER IN INCREASING STUDENTS'
INTEREST IN THEMATIC SUBJECTS AT PINGGAN STATE

ELEMENTARY SCHOOL
I Made Artawan Adnyana
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Email: artawanadnyana1999@gmail.com

The key of success in learning can not be separated from a teacher because
teacher has an important role. Teachers are people who work to teach, guide,
direct, train, assess, and evaluate students. Althought the role of teacher is very
important, it must be realized that the teacher is not the only one determines the
succes or failure of learning. Therefore, the succes or failure of learning is
influenced by various interrelated factors. One of the determinants of succes is
student’s motivation. This research conducted to: (1) Know and describe the role
of teachers in improving students' learning interest on thematic learning in grade
IV SDN Pinggan. (2) Know and describe efforts of teachers in improving students’
learning interest on thematic learning in fourth grade of SDN Pinggan. To achieve
the objectives of the research above, the researcher used a research approach of
qualitative used descriptive research type. The researchlocated at SDN Pinggan.
Techniques of collecting data that researcher used was observation, interview and
documentation. The researcher used triangulation technique to checkthe validity of
data. Data were analyzed by reducing irrelevant data, exposing data and drawing
conclusions.The results of this study indicated that: (1) The role of teachers in
improving student's learning motivation on thematic learning in grade IV Pinggan
was indicated by the teacher as demonstrator, class manager,mediator, facilitator
and evaluator. (2) The efforts of teachers in improving student’ learning motivation
are: a) teacher as demonstrator: using the appropriate method, using language that
is easy to understand, b) teacher as class manager: attention to student
concentration, rolling the seat of student, c) teacher as mediator and facilitator:
providing media and learning facilities, playing movies, d) teacher as evaluator:
giving gift, giving value or scor, giving praise and giving punishment.
Keywords: Teacher Role, Learning interest, Thematic Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:05
Last Modified: 21 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item
View Item