INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 2 KINTAMANI

NI KADEK SUARTINI, - (2023) INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 2 KINTAMANI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011073_NI KADEK SUARTINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43MB)

Abstract

ABSTRAK

INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI KELAS X

SMK NEGERI 2 KINTAMANI

KADEK SUARTINI
Jurusan Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: kdksuartinii2000@gmail.com

Pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti sebagai upaya dalam
menyiapkan peserta didik mengenal, memahami, menghayati, bertakwa dan
berakhlak mulia dalam mengamalkan ajaran agama Hindu. Dalam membentuk
karakter religius siswa SMK Negeri 2 Kintamani melakukan internalisasi
pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti. Adapun masalah yang akan dianalisis,
yaitu: (1) Mengapa perlu dilakukan internalisasi pendidikan agama Hindu dan Budi
Pekerti dalam membentuk karakter religius siswa di kelas X SMK Negeri 2
Kintamani. (2) Strategi guru dalam proses internalisasi dalam membentuk karakter
religius siswa dikelas X SMK Negeri 2 Kintamani. (3) Implikasi internalisasi
pendidikan agama Hindu dalam membentuk karakter religius siswa di kelas X SMK
Negeri 2 Kintamani? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penyebab
dilakukan internalisasi, strategi guru dalam proses internalisasi dan implikasi
intenalisasi dalam membentuk karakter religius siswa di kelas X SMK Negeri 2
Kintamani. Masalah di analisis menggunakan: teori karakter Lickona dan
Kemendiknas, teori motivasi Hamzah Uno, teori belajar humanistik Bloom dan
Krathwohl. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi dan
kepustakaan. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah reduksi, display dan verifikasi data. Hasil penelitian ini
menunjukan: (1) Internalisasi pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam
membentuk karakter religius siswa di kelas X SMK Negeri 2 Kintamani dilakukan
karena keberadaan lingkungan dan pengaruh modernisasi terhadap perilaku siswa,
pembelajaran dan kebiasaan beragama (2) Strategi guru dalam proses internalisasi
meliputi: pembelajaran, pembiasaan dan pengembangan budaya sekolah. (3)
Implikasi internasilasi pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam
membentuk karakter religius siswa di kelas X SMK Negeri 2 Kintamani yaitu:
ranah kognitif, ranah afektif, ranah psikomotorik.
Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,
Karakter Religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:05
Last Modified: 21 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item
View Item