PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 4 PADANGKERTA KABUPATEN KARANGASEM

NI LUH JUNY NATALIA PRATIWI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 4 PADANGKERTA KABUPATEN KARANGASEM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031116_Ni Luh Juny Natalia Pratiwi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED
LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI
PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI
KELAS IV SDN 4 PADANGKERTA KABUPATEN

KARANGASEM

Oleh

Ni Luh Juny Natalia Pratiwi
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Kurikulum merdeka menitikberatkan kepada pembelajaran kontekstual
untuk mengembangkan karakter peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar
pancasila. Kenyataannya, kemampuan kolaborasi peserta didik masih belum
tampak ditunjukkan pada saat pembelajaran matematika. Model pembelajaran
berbasis proyek diyakini dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan kolabrasi
peserta didik, maka dari itu dilaksanakan penelitian ini dengan tujuan mengetahui
pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap kemampuan
kolaborasi peserta didik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan

penelitian eksperimen dengan metode Quasi Eksperiment yang menggunakan Non-
Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di

SDN 4 Padangkerta dengan sample penelitian ini menggunakan teknik simple
random sampling di mana sampel yang diambil secara acak merupakan kelas bukan
individu. Kelas IVB terpilih menjadi kelas eksperimen yang akan diberikan
perlakuan menggunakan model project-based learning, sedangkan kelas IVA
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar
observasi, angket dan pedoman wawancara. Untuk mengukur pengaruh model
project-based learning dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji independent
sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh hasil
hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) serta
perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana nilai
kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Hal ini berarti terdapat
pengaruh positif model pembelajaran project-based learning terhadap kemampuan
kolaborasi peserta didik kelas IV SD Negeri 4 Padangkerta. Dengan demikian H1
diterima bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project-based learning
terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran matematika di
Kelas IV SD Negeri 4 Padangkerta.
Kata Kunci: project-based learning, kemempuan kolaborasi, pembelajaran
matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:05
Last Modified: 21 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item
View Item