STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DANGIN PURI DENPASARTAHUNAJARAN2022/2023

NI LUH WINI ASRINI, - (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DANGIN PURI DENPASARTAHUNAJARAN2022/2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031003_Ni Luh Wini Asrini.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR
UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR
MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK DI
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 DANGIN PURI
DENPASARTAHUNAJARAN2022/2023

Ni Luh Wini Asrini
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : luhwiniasrini22@gmail.com

Seorang guru di tuntut untuk dapat membuat siswa menguasai atau
memahami materi yang guru sampaikan serta mengembangkan kreatifitas berfikir.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis faktor penyebab rendahnya motivasi
belajar, (2) menganalisis kesulitan belajar Matematika, dan (3) mengetahui upaya
yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar dalam mengatasi
kesulitan belajar matematika pada materi FPB dan KPK Peserta didik di Sekolah
Dasar negeri 2 Dangin Puri Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
pendekatan fenomenologi. Data penelitian ini akan di kumpulkan dengn teknik
observasi non partisipan, wawancara, kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan faktor penyebab rendahnya motivasi
belajar matematika materi FPB dan KPK yaitu: faktor minat, faktor kesehatan,
faktor kemampuan diri, faktor kebiasaan belajar, faktor sarana belajar, faktor
perhatian, dan faktor teman sebaya. Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar
matematika materi FPB dan KPK yaitu adanya perasaan tidak nyaman,kurangnya
pemahaman konsep, siswa sulit mengingat, kurangnya konsentrasi siwa, kurangnya
variasi mengajar guru, kurangnya penggunaan media pembelajaran danlingkungan
keluarga. Upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar dalam
mengatasi kesulitan belajar matematika adalah menggunakan mediapembelajaran
yang kongret, memperbanyak soal latihan, menjalin kerjasama dengan orang tua,
memberikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, memberi
kebebasan siswa, menghilangkan rasa takut siswa, memberi reward, dan
penggunaan metode demonstrasi dan diskusi.
Kata Kunci : Strategi Guru,Motivasi belajar,Kesulitan belajar,Materi FPB
dan KPK

ABSTRAK

Ni Luh Wini Asrini

Elementary School Teacher education major
Acarya Dharma Faculty

I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University Denpasar
Email : luhwiniasrini22@gmail.com

A teacher is required to be able to make students master or understand the
material the teacher conveys and develop creative thinking. This research aims to
(1) analyze the factors causing low learning motivation, (2) analyze difficulties in
learning Mathematics, and (3) determine the efforts made by teachers to increase
learning motivation in overcoming difficulties in learning mathematics in FPB
and KPK materials for students in elementary schools. Negeri 2 Dangin Puri
Academic Year 2022/2023.
The type of research used is descriptive qualitative with a

phenomenological approach. This research data will be collected using non-
participant observation techniques, interviews, literature and documentation. The

data analysis techniques used are data reduction, data presentation and
verification.
The results of this research reveal the factors causing low motivation to
learn mathematics for FPB and KPK material, namely: interest factors, health
factors, self-ability factors, study habits factors, learning facilities factors, attention
factors, and peer factors. Meanwhile, the factors causing difficulties in learning
mathematics on FPB and KPK material are feelings of discomfort, lack of
understanding of concepts, students having difficulty remembering, lack of student
concentration, lack of variation in teacher teaching, lack of use of learning media
and family environment. Efforts made by teachers to increase learning motivation
in overcoming difficulties in learning mathematics are using concrete learning
media, increasing practice questions, collaborating with parents, providing
problems related to daily life, giving students freedom, eliminating students' fear,
giving rewards, and using demonstration anddiscussion methods.
Keywords: teacher strategy, Motivation to learn, learning difficulties, Fpb and
Kpk material.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:05
Last Modified: 21 Oct 2025 02:05
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item
View Item