PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI

I.B Kade Wima Andika Putrajaya, - (2023) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031005_I. B. Kade Wima Andika Putrajaya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING
BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN
TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI
I.B Kade Wima Andika Putrajaya
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

guswima@gmail.com

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh dari model
pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SD
Negeri 2 Dangin Puri serta menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran
Creative Problem Solving terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri 2
Dangin Puri. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
pembelajaran Creative Problem Solving. Media pembelajaran yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan video pembelajaran yang diambil dari video pembelajaran
yang ada di platform Youtube. Variabel independen yang digunakan Creative Problem
Solving berbantuan video pembelajaran. Variabel dependen yang digunakan adalah hasil
belajar Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 2
Dangin Puri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Dangin
Puri. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode random sampling. Ada satu
kelas yang digunakan sebagai sampel. Metode analisis penelitian ini mengunakan
applikasi SPSS dan Micorosoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Creative
Problem Solving berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar
Bahasa Indonesia siswa. Dapat ditunjukan pada uji hipotesis didapatkan nilai sig 0,000
yang berarti terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran Creative Problem
Solving Hasil nilai pretest dan postest mengalami peningkatan dari 60,3 menjadi 75,9
peningkatan tersebut sebesar 15,6%. Hasil angket yang sudah disebar kepada siswa
tentang respon siswa terhadap model pembelajaran Creative Problem Solving
menunjukan hasil 76,34%, hasil tersebut berarti bahwa siswa memberikan respon yang
baik terhadap penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan
video pembelajaran.
Kata Kunci : Creative Problem Solving, Video Pembelajaran, Hasil Belajar.

ABSTRACT

PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING
BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN
TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

DI SD NEGERI 2 DANGIN PURI
I.B Kade Wima Andika Putrajaya
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

guswima@gmail.com

This study aims to analyze the effect of the Creative Problem Solving learning
model on Indonesian language learning outcomes at SD Negeri 2 Dangin Puri and
analyze student responses to the Creative Problem Solving learning model on
Indonesian language learning outcomes at SD Negeri 2 Dangin Puri. The learning
model used in this research is the Creative Problem Solving learning model. The
learning media used in this study used learning videos taken from learning videos on the
Youtube platform. The independent variable used is Creative Problem Solving assisted
by learning videos. The dependent variable used is Indonesian learning outcomes. The
population in this study were students of SD Negeri 2 Dangin Puri. The population in
this study were fourth grade students of SD Negeri 2 Dangin Puri. The sample was
collected using random sampling method. There is one class used as a sample. This
research analysis method uses SPSS and Micorosoft Excel applications. The results of
this study indicate that Creative Problem Solving assisted by learning videos has an
effect on students' Indonesian learning outcomes. It can be shown in the hypothesis test
that the sig value is 0.000, which means that there is an influence on the use of the
Creative Problem Solving learning model. The results of the pretest and posttest scores
increased from 60.3 to 75.9, an increase of 15.6.
Keyword : Creative Problem Solving, Learning Videos, Learning Outcome.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:06
Last Modified: 21 Oct 2025 02:06
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item
View Item