NI LUH KETUT EKA JUWITYA ANTARI, - (2023) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 6 MAS KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031011_Ni Luh Ketut Eka Juwitya Antari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM UPAYA
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA
SISWA SD NEGERI 6 MAS KECAMATAN UBUD
KABUPATEN GIANYAR
Ni Luh Ketut Eka Juwitya Antari
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: ekajuwitya@gmail.com
Matematika adalah salah satu pelajaran yang penting guna nantinya dapat
diterapkan oleh siswa dalam memecahkan masalah pada kehidupan sehari-hari.
Sayangnya matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan.
Namun hal ini tidak terlalu nampak pada siswa di SD Negeri 6 Mas. Hal itu
ditenggarai karena guru menggunakan media benda konkret dalam proses
pembelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa. Siswa nampak
senang dan antusias selama kegiatan pembelajaran. Minat belajar sangat menentukan
keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mendeskripsikan penggunaan media benda konkret dalam upaya meningkatkan minat
belajar matematika siswa, serta 2) mendeskripsikan dampak dari penggunaan media
benda konkret. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori
pengkondisian klasik dan teori behavioristik. Metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah
terkumpul dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran matematika diterapkan pada
materi-materi tertentu, sebagian besar materi di kelas rendah dapat menggunakan
media benda konkret sebagai media ajar, dan hanya beberapa materi di kelas tinggi
yang dapat menggunakan media benda konkret sebagai media ajarnya; 2) media
benda konkret berdampak dalam meningkatkan minat belajar siswa yang ditunjukkan
dengan adanya sikap tidak mudah bosan, merasa senang dan bersemangat untuk
mengikuti pembelajaran, antusias dan berkonsentrasi, sehingga mudah untuk
mengingat dengan apa yang dipelajarinya.
Kata Kunci: Matematika, Minat belajar, Media konkret
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/820 |