NI LUH TANTRI, - (2023) PEMANFAATAN SATUA BALI DALAM PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CEMPAGA, KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031013_Ni Luh Tantri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PEMANFAATAN SATUA BALI DALAM PENGUATAN NILAI
PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI
KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CEMPAGA,
KABUPATEN BANGLI
Ni Luh Tantri
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu I Gusti Bagus Sugriwa
Denpasar
Email : luhtantri54@gmail.com
Pendidikan karakter merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan di
Indonesia yang dapat membentuk dan memperkuat kepribadian seseorang. Oleh
karena itu, perlu adanya penanaman dan penguatan pendidikan karakter sejak dini,
khususnya bagi peserta didik yang terdapat di Sekolah Dasar. Namun, dengan
metode pembelajaran yang monoton, maka akan mengakibatkan pendidikan
karakter tidak dapat berjalan dengan sempurna, sehingga perlu adanya inovasi,
berupa pemanfatan satua Bali dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar.
Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah 1)bagaimanakah pemanfaatan
Satua Bali dalam penguatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran tematik
di kelas V SDN 4 Cempaga? 2)apakah kendala pemanfaatan Satua Bali dalam
penguatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 4
Cempaga? dan 3)bagaimanakah implikasi pemanfaatan Satua Bali dalam
penguatan nilai pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 4
Cempaga?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemanfaatan
Satua Bali, kendala, dan implikasi pemanfaatan Satua Bali dalam penguatan nilai
pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 4 Cempaga. Teori
yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori kontruktivisme dan
teori behavioristik. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
metode pengelompokan, reduksi, dan penyajian hingga penyimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1)satua Bali dimafaatkan dalam tematik tema tiga
dan delapan, dengan mengambil satua Ni Bawang Teken Ni Kesuna. 2)Adapun
kendala dalam pemanfaatan satua tersebut adalah kompetensi pedagogik guru,
sumber bacaan yang kurang, dan satua Bali yang kurang popular. 3)Selain itu,
terdapat implikasi pemanfaatan satua Bali, diantaranya adalah kegiatan belajar
yang baik, adanya minat belajar pada peserta didik, perubahan karakter peserta
didik menjadi lebih baik, serta terdapat pembudayaan satua Bali di lingkungan
sekolah
Kata kunci: Satua Bali, Tematik, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/821 |