NI MADE MAHENDRAYANI, - (2023) PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS V DI SD SARASWATI 2 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031013_NI MADE MAHENDRAYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES BERBANTUAN
MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN
MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP
KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS V
DI SD SARASWATI 2 DENPASAR
NI MADE MAHENDRAYANI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: mahendrayaninimade@gmail.com
Kemampuan analisis terkait dengan sistem penalaran dan pola pikir yang
lebih kompleks dalam memecahkan sebuah permasalahan yang pasti akan ditemui
dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya akan memperoleh solusi yang tepat.
Hal tersebut sangat dibutuhkan siswa ketika menghadapi soal dengan tingkat HOTS
(Higher Order Thinking Skill). Namun, pada kenyataannya banyak siswa
khususnya di sekolah dasar memiliki kemampuan analisis yang rendah. Hal itu
disebabkan karena dalam proses pembelajaran di sekolah siswa lebih banyak dilatih
menggunakan soal-soal dengan tingkat LOTS (Lower Order Thinking Skills)
sehingga siswa akan mengalami kesulitan ketika nantinya menghadapi soal dengan
tingkat HOTS. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan
sesuai dengan tahap perkembangan siswa untuk dapat memningkatkan kemampuan
analisis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model eliciting
activities berbantuan media permainan ular tangga pada mata pelajaran matematika
materi bangun ruang terhadap kemampuan analisis siswa kelas V di SD Saraswati
2 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
pengumpulan data menggunakan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis
menggunakan statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh model eliciting activities berbantuan media permainan ular tangga pada
mata pelajaran matematika materi bangun ruang terhadap kemampuan analisis
siswa kelas V di SD Saraswati 2 Denpasar yang dilihat dari nilai signifikansi hasil
uji paired sample t-test 0,000 < 0,05 dan adanya peningkatan skor rata-rata pretest-
posttest siswa yang menunjukkan nilai sebesar 38,9.
Kata Kunci : Kemampuan Analisis, Model Eliciting Activities, Permainan Ular
Tangga
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/822 |