STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI HINDU 4 BATUAN KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR

ANAK AGUNG ISTRI AGUNG PITA MAYUDARI, - (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI HINDU 4 BATUAN KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031016_ANAK AGUNG ISTRI AGUNG PITA MAYUDARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI
PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI HINDU 4
BATUAN KECAMATAN SUKAWATI, KABUPATEN GIANYAR
ANAK AGUNG ISTRI AGUNG PITA MAYUDARI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : gungpita2001@gmail.com

Literasi adalah suatu dasar yang dijadikan poros pendidikan di Indonesia
salah satunya adalah literasi Numerasi. Faktanya banyak peserta didik khususnya
pada peserta didik kelas V di SD Negeri Hindu 4 Batuan memiliki kemampuan
literasi numerasi yang rendah. Hal itu disebabkan karena kurangnya pembiasaan
membaca oleh peserta didik V di sekolah tersebut. Maka dari itu sangat diperlukan
strategi guru wali kelas V dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi
peserta didik kelas V. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang
interaksi pembelajaran dalam meningkatkan literasi numerasi peserta didik kelas V,
kendala yang dihadapi oleh guru kelas V dalam meningkatkan literasi numerasi,
dan upaya yang dilakukan guru kelas V untuk mengatasi kendala dalam
meningkatkan literasi numerasi peserta didik kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru kelas V dalam meningkatkan literasi
numerasi di SD Negeri Hindu 4 Batuan. Teori yang digunakan untuk menganalisis
masalah ini adalah teori behavioristik, teori konstruktivisme, dan teori

progresivisme. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi non-
participant, wawancara semi terstruktur, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data

yang telah terkumpul dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, dan
validasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Interaksi
pembelajaran yang diterapkan oleh guru wali kelas V antara lain menerapkan
metode, model dan media pembelajaran oleh guru wali kelas V, 2) Kendala yang
dihadapi guru ditimbulkan dari faktor internal seperti sulitnya Materi Pembelajaran
literasi numerasi dan beragamnya prilaku dan karakteristik peserta didik, sedangkan
kendala dari faktor eksternal timbul dari kurangnya pembiasaan literasi oleh orang
tua di rumah, dan minimnya sarana dan prasarana penunjang literasi numerasi. 3)
Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut yaitu meningkatkan
strategi personal guru wali kelas V, memberikan penguatan literasi numerasi, dan
meningkatkan sarana dan prasarana penunjang literasi numerasi.

Kata Kunci : Strategi Guru, Literasi Numerasi, Peserta Didik Kelas V

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:06
Last Modified: 21 Oct 2025 02:06
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item
View Item