NI MADE YOWI SETIANI, - (2023) PENERAPAN MODEL DEMONTRASI MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR ANA PUTRA CELUK SUKAWATI GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031020_Ni Made Yowi Setiani (1911031020) New.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PENERAPAN MODEL DEMONTRASI MELALUI MEDIA
GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS I
DI SEKOLAH DASAR ANA PUTRA CELUK
SUKAWATI GIANYAR
Ni Made Yowi Setiani
Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Unuversitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : madeyowisetiani@gmail.com
Pendidikan merupakan upaya untuk membantu jiwa anak-anak didik, baik
lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju kearah peradaban manusiawi
yang lebih baik. Pendidikan merupakan proses yang berkelanjutan dan tak pernah
berakhir, sehingga dapat menghasilkan kualitas yang berkesinambungan dan
berakar pada nilai-nilai budaya Bangsa dan Pancasila. Pendidikan Pancasila
adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh beberapa Siswa di
Sekolah Dasar, karena beberapa siswa kurang memperhatikan pelajaran.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah
strategi Guru menggunakan Model Pembelajaran Demontrasi melalui media
gambar untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas
I di SD Ana Putra Celuk Sukawati Gianyar, 2) Apa kendala dalam penerapan
Model Pembelajaran Demontrasi melalui media gambar untuk meningkatkan
minat belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas I di SD Ana Putra Celuk
Sukawati Gianyar, 3) Bagaimana Upaya dalam mengatasi kendala dalam
penerapan Model Pembelajaran Demontrasi melalui media gambar untuk
meningkatkan minat belajar Pendidikan Pancasila pada siswa Kelas I di SD Ana
Putra.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul Penerapan Model Demontrasi Melalui Media Gambar
untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa kelas I Di
Sekolah Dasar Ana Putra Celuk Sukawati Gianyar, tahun 2022-2023
Penelitian ini adalah penelitian kualitataif deskriptif, Model pengumpulan
data yaitu observasi, wawancara, Studi Kepustakaan dan dokumentasi.
Sedangkan materi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Belajar
Bermakna, Teori Konvergensi, dan Teori motivasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa : 1. Strategi Guru menggunakan
Model pembelajaran Demontrasi melalui media gambar meliputi: 1) perencanaan
Model pembelajaran Demontrasi melalui media gambar. 2) Pelaksanan modul ajar
Pembelajaran Pancasila dan 3) Perencanaan alokasi waktu jam pelajaran
Pancasila. 2. kendala dalam penerapan Model Pembelajaran Demontrasi melalui
media gambar di SD Ana Putra, meliputi: 1) Kesulitan pembuatan Media gambar, 2) Gejala fisik dan emosional siswa. 3. Upaya untuk mengatasi
kendala-kendala dalam penerapan Model Pembelajaran Demontrasi di SD Ana
Putra, meliputi: 1) Pengelolaan kelas, 2) Penjelasan materi Pembelajaran
Pancasila yang singkat dan jelas, 3) Demontrasi contoh riil kepada siswa
Kata Kunci : Penerapan, Model Demontrasi, Minat belajar, upaya , kendala.
ABSTRACT
APPLICATION OF THE DEMONSTRATION MODEL THROUGH IMAGE
MEDIA TO INCREASE INTEREST IN LEARNING PANCASILA EDUCATION IN
CLASS I STUDENTS
IN ANA PUTRA CELUK ELEMENTARY SCHOOL
SUKAWATI GIANYAR
Ni Made Yowi Setiani
Elementary School Teacher education major
Acarya Dharma Faculty
I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University Denpasar
Email : madeyowisetiani@gmail.com
Education is an effort to help the souls of students, both physically
and mentally, from their natural nature towards a better human civilization.
Education is a continuous and never-ending process, so that it can produce
sustainable quality and is rooted in the nation's cultural values and
Pancasila. Pancasila education is one of the subjects that is difficult for some
elementary school students to understand, because some student pay less
attention to the lesson.
The problems discussed in this study are: 1) What is the teacher's
strategy for using the Demonstration Learning Model through image media
to increase interest in learning Pancasila Education in class I students at SD
Ana Putra Celuk Sukawati Gianyar, 2) What are the obstacles in
implementing the Demonstration Learning Model through image media to
increase interest in learning Pancasila Education in class I students at SD
Ana Putra Celuk Sukawati Gianyar, 3) What are the efforts to overcome
obstacles in applying the Demonstration Learning Model through image
media to increase interest in learning Pancasila Education in Class I students
at SD Ana Putra.
Based on these problems, researchers are interested in conducting
research with the title Application of the Demonstration Model Through
Image Media to increase interest in learning Pancasila Education in Grade I
Students at Ana Putra Celuk Elementary School Sukawati Gianyar, 2022-
2023
This research is a descriptive qualitative research. The data
collection model is observation, interview, literature study and
documentation. Meanwhile, the materials used in this research are
Meaningful Learning Theory, Convergence Theory, and Motivation Theory.
The results of this study found that: 1. The teacher's strategy for
using the Demonstration learning model through image media includes: 1)
planning the Demonstration learning model through image media. 2)
Implementation of Pancasila Learning teaching modules and 3) Planning for allocating Pancasila lesson hours. 2. Obstacles in implementing the
Demonstration
Learning Model through media images at SD Ana Putra, include: 1)
Difficulties in making media images, 2) Physical and emotional symptoms of
students. 3. Efforts to overcome obstacles in implementing the Demonstration
Learning Model at SD Ana Putra, include: 1) Class management, 2) Brief
and clear explanation of Pancasila Learning material, 3) Demonstration of
real examples to students.
Keywords: Application, Demonstration Model, Interest in learning,
efforts, constrain
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/824 |