NI LUH ENY NOPIARI, - (2023) PROFIL INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PASCA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 5 SULAHAN SUSUT BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031023_NI LUH ENY NOPIARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PROFIL INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
MUATAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
PASCA PANDEMI COVID-19
DI SD NEGERI 5 SULAHAN
SUSUT BANGLI
Ni Luh Eny Nopiari
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : eninopiari@gmail.com
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa peneliti menemukan sebuah fenomena bahwa
dalam pembelajaran online ketika pandemi covid-19 adanya pembelajaran yang
kurang aktif, sehingga pendidik melakukan upaya atau keinginan untuk
mengaktifkan siswa yang kurang aktif mengikuti pembelajaran sehingga
pembelajaran menjadi optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran
interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik pada pembelajaran tematik
muatan SBdP pasca pandemi covid-19 di kelas V SD Negeri 5 Sulahan. Pendekatan
yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian di
SD Negeri 5 Sulahan ini adalah peserta didik kelas V, pendidik (wali kelas V) dan
kepala sekolah, sedangkan objeknya adalah interaksi pendidik dan peserta didik
pada pembelajaran tematik muatan SBdP. Teori yang digunakan yaitu teori
interaksi simbolik dan teori behaviorisme. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa interaksi antara pendidik dan peserta didik sangat penting dan
diperlukan saat mengajar di kelas. Adapun pola interaksi yang dilakukan di SD
Negeri 5 Sulahan, Susut, Bangli menggunakan pola pendidik-peserta didik, peserta
didik-pendidik, peserta didik-peserta didik, serta interaksi yang terjadi dua arah
antara pendidik dan peserta didik, pada proses pembelajaran menggunakan pola
komunikasi interpersonal yang baik melalui tahapan persiapan pembelajaran,
tahapan pelaksanaan, dan tahapan penutupan. Sedangkan strategi pembelajaran
dalam mengoptimalkan interaksi pendidik dan peserta didik yaitu menggunakan
metode campuran (tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi), menggunakan
pendekatan pembelajaran inquiri, dan menggunakan model pembelajaran discovery
learning.
Kata Kunci : Interaksi, Pendidik dan Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/826 |