PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR SARASWATI 2 DENPASAR

NI PUTU AYU INTAN, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR SARASWATI 2 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031026_NI PUTU AYU INTAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE
5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SD

SARASWATI 2 DENPASAR

NI PUTU AYU INTAN
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : ayuintan28oktober@gmail.com

Minat belajar peserta didik adalah suatu hal penting dalam pembelajaran.
Guru dalam memberikan pembelajaran dapat memilih model pembelajaran yang
sesuai serta memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang
bermakna. Berdasarkan hal tersebut, maka diadakan penelitian dengan judul
“Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media Video
Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas III Di SD Saraswati 2 Denpasar”.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori kontruktivisme
dan teori behaviorisme. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes
serta minat belajar siswa dikumpulkan menggunakan kuisioner. Pemilihan sampel
ditentukan dengan teknik random sampling, dengan kelompok eksperimen yaitu
kelas IIIA berjumlah 29 siswa dan kelompok kontrol yaitu kelas IIIC berjumlah 27
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran
learning cycle 5E berbantuan media video melalui sintaks yaitu engagement,
exploration, explanation, elaboration, dan evaluation, 2) Minat belajar siswa kelas
eksperimen dengan menggunakan bantuan software IMB SPSS 26 for windows
diperoleh Dtabel = 0,246 pada taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah sampel kelas
untuk kelas eksperimen 29 siswa, diperoleh 0,111 < 0,246 dengan taraf signifikansi
0,05 sehingga data pada kelas eksperimen dinyatakan berdistribusi normal. Dilihat
dari rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 54,00 > 46,96 rata-rata
minat belajar kelas kontrol, 3) Uji hipotesis menggunakan uji independent sampel
t-test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,750 > ttabel sebesar 1,673 maka Ha
dengan taraf sig (2-tailed) 0,000 ≠ 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya
ada pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan media
video terhadap minat belajar matematika siswa kelas III di SD Saraswati 2
Denpasar

Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media Video, Minat Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:06
Last Modified: 21 Oct 2025 02:06
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item
View Item