NI MADE KASNI, - (2023) IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN STRATEGI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 PUHU PAYANGAN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031031_Ni Made Kasni.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR DAN STRATEGI BELAJAR
PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS TINGGI
SDN 4 PUHU PAYANGAN GIANYAR
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
NI MADE KASNI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : madekasni09@gmail.com
Gaya belajar merupakan kombinasi antara cara seseorang dalam menyerap
pengetahuan dan cara mengatur serta mengolah informasi atau pengetahuan yang
didapat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gaya belajar peserta didik
mata pelajaran IPA kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 4 Puhu Payangan Gianyar.
(2) mengetahui strategi belajar peserta didik dan strategi pembelajaran guru pada
gaya belajar peserta didik yang berbeda-beda mata pelajaran IPA kelas tinggi
Sekolah Dasar Negeri 4 Puhu Payangan Gianyar. (3) mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi gaya belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas tinggi Ssekolah
Dasar Negeri 4 Puhu Payangan Gianyar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrumen angket dan teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 4 Puhu Payangan
Gianyar yang berjumlah 58 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 58
responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
gaya belajar peserta didik mata pelajaran IPA kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 4
Puhu Payangan Gianyar tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah responden 58
peserta didik masuk dalam kategori gaya belajar visual sebanyak 33 peserta didik
dengan presentase 57%, kategori gaya belajar auditorial sebanyak 17 peserta didik
dengan presentase 29% dan masuk kategori gaya belajar kinestetik sebanyak 8
peserta didik dengan presentase 14%. Hasil di atas dapat diartikan sebagian besar
peserta didik kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 4 Puhu Payangan Gianyar tahun
pelajaran 2022/2023 memiliki gaya belajar visual terhadap mata pelajaran IPA.
Serta berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap peserta didik, strategi
belajar peserta didik dengan gaya belajar visual menggunakan strategi belajar
elaborasi, peserta didik gaya belajar auditorial menggunakan strategi belajar
organisasi dan peserta didik gaya belajar kinestetik menggunakan strategi belajar
mengulang pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Strategi Belajar, Mata Pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/830 |