EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DI SD N 17 DAUH PURI

IDA AYU GEDE SINTA ANGGRENI, - (2023) EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DI SD N 17 DAUH PURI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031033_IDA AYU GEDE SINTA ANGGRENI .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK

EFEKTIVITAS MEDIA VIRTUAL REALITY (VR) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI

TATA SURYA DI SD N 17 DAUH PURI
IDA AYU GEDE SINTA ANGGRENI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: dayusinta10@gmail.com

Penelitian yang berjudul “Efektivitas Media Virtual Reality (VR) Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Surya Di SD N 17 Dauh
Puri”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif, yang dilaksanakan
untuk mengetahui efektivitas media virtualreality untuk meningkatkan hasil belajar
siswa, serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan
pembelajaran menggunakan media virtual reality. Sampel penelitian ini berjumlah
75 orang peserta didik kelas VI di SD N 17 Dauh Puri. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik simple random sampling dengan cara pengundian.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan alat ukur berupa
pre-test dan post-test serta angket yang melalui uji validitas isi dan validitas
empiris, tes kesukaran dan uji daya beda. Data yang diperoleh berskala ordinal,
yang diolah dengan bantuan program IMB SPSS Versi 24. Teori yang digunakan
untuk menganalisis masalah ini adalah teori konstruktivisme dan teori belajar
kognitif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar pada materi tata surya peserta didik yang mengikuti
pembelajaran menggunakan media virtual reality dengan pembelajaran yang
menggunakan media konvensional. 2) Hasil belajar pada materi tata surya peserta
didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media virtual reality lebih tinggi
dari pada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan
media konvensional. 3) Berdasarkan data hasil angket, disimpukan bahwa
tanggapan peserta didik yang memilih setuju dan atau sangat setuju terhadap
pembelajaran menggunakan media virtual reality lebih tinggi.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Virtual Reality, Hasil Belajar Tata Surya

ABSTRACT

EFFECTIVENESS OF VIRTUAL REALITY (VR) MEDIA TO
IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN MATERIALS

SOLAR SYSTEM AT SD N 17 DAUH PURI
IDA AYU GEDE SINTA ANGGRENI
Department of Elementary School Teacher Education

Faculty Dharma Acarya

State Hindu University I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: dayusinta10@gmail.com

The research entitled "Effectiveness of Virtual Reality (VR) Media to
Improve Student Learning Outcomes on Solar System Material at SD N 17 Dauh
Puri". This research is a comparative quantitative research, which was carried out
to determine the effectiveness of virtual reality media to improve student learning
outcomes, as well as to determine students' responses to the implementation of
learning using virtual reality media. The sample of this research was 75 students of
class VI at SD N 17 Dauh Puri. The sampling technique used simple random
sampling technique by drawing lots.
This study used an experimental method, with measuring instruments in the
form of pre-tests and post-tests and questionnaires that go through the validity test
of empirical content and validity, difficulty tests and different power tests. The data
obtained is ordinal scale, which is processed with the help of the IMB SPSS Version
24 program. The theories used to analyze this problem are constructivism theory
and cognitive learning theory.
The results of the study show that: 1) There is a significant difference between
learning outcomesin the solar system material of students who take part in learning
using virtual reality media and learning using conventional media. 2) The learning
outcomes on the solar system material of students who take part in learning using
virtual reality media are higher than the learning outcomes of students who take
part in learning using conventional media. 3) Based on the results of the
questionnaire data, it was concluded that the responses of students who chose to
agree and or strongly agree to learning using virtual reality media were higher.

Keywords: Learning Media, Virtual Reality, Learning Outcomes of the Solar
System

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:06
Last Modified: 21 Oct 2025 02:06
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/831

Actions (login required)

View Item
View Item