INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA DENPASAR

NI NYOMAN SRI DYASMINI, - (2024) INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 3 TONJA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031039_NI NYOMAN SRI DYASMINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (44MB)

Abstract

ABSTRAK

INTERAKSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM
PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 3

TONJA DENPASAR

NI NYOMAN SRI DYASMINI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: nyomansridyasmini@gmail.com

Interaksi merupakan hubungan timbal balik satu sama lain. Interaksi dalam
sebuah pembelajaran yaitu adanya komunikasi dua arah antara pendidik dan peserta
didik. Proses pembelajaran dengan interkasi yang baik akan memberikan pengaruh positif
kepada peserta didik. Interaksi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila akan
membangun nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik serta dapat mengembangkan
jati dirinya melalui sila-sila dalam pancasila.
Adapun masalah yang dibahas antara lain (1) Bagaimana bentuk pelaksanaan
pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV
di SD Negeri 3 Tonja Denpasar? (2) Apa hambatan yang dialami pada pembelajaran
Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Negeri 3
Tonja Denpasar? (3) Upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pada
pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV
di SD Negeri 3 Tonja Denpasar?
Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) Untuk mendeskripsikan bentuk
pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter disiplin
siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tonja Denpasar. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan
yang dialami pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter
disiplin siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tonja Denpasar. (3) Untuk mengetahui upaya
yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila
dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV di SD Negeri 3 Tonja Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: (1) Teori
Behavioristik (2) Teori Konstruktivisme (3) Teori Motivasi. Metode pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi
kepustakaan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif
dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Pancasila dapat dilihat dari metode, pendekatan dan model pembelajaran yang
digunakan. Dalam pembelajaran tersebut terdapat pula hambatan-hambatan yang ditemui
dilapangan seperti alokasi waktu, penggunaan media pembelajaran serta keaktifan siswa
dalam mengikuti pembelajaran. Upaya tersebut dilakukan dengan jalan mengevaluasi
kembali modul ajar yang dibuat guna berhasilnya rencana pembelajaran kedepan dengan
memperhatikan tingkat pemahaman dan tingkat kejenuhan siswa. Selain itu, guru harus
kreatif dalam merancang media pembelajaran.
Kata Kunci: Interaksi, Pendidikan Pancasila, Karakter Disiplin Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/835

Actions (login required)

View Item
View Item