PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 SUMERTA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

GUSTI KADEK WIDHI AYU RESINING, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 SUMERTA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031041_GUSTI KADEK WIDHI AYU RESINING.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
PROJECT B ASED LEARNING TERHADAP
HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
SD NEGERI 5 SUMERTA DENPASAR
TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023
GUSTI KADEK WIDHI AYU RESINING
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail : ayuwidhi@gmail.com

Model Project Based Learning ( PjBL ) merupakan model pembelajaran
yang berfokus pada peserta didik dalam memahami suatu konsep atau prinsip
dengan mengamati, manganalisis yang mendalam terkait suatu permasalahan serta
belajar mencari solusi yang relevan. Selain itu, peserta didik diajarkan untuk
belajar mandiri dan dapat menghasilkan produk dalam pembelajaran. Hasil belajar
IPA merupakan bukti akhir telah terjadinya perubahan emonsional maupun
intelektual setelah mengalami proses yang memberikan pengalaman individu
dalam pengembangan dan peningkatan melalui pembelajaran IPA. Tujuan
penelitian yang dilaksanakan yaitu untuk mengetahui pengaruh model PjBL
terhadap hasil belajar IPA peserta didik Kelas V SD Negeri 5 Sumerta Denpasar
Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini yaitu “Quasi Ekperiment
Design“ dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi
penelitian ialah kelas V SD Negeri 5 Sumerta Denpasar. Pemilihan sampel dengan
non-probality sampling (sampel jenuh). Sampel pada penelitian ini ialah kelas VA
yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB yang berjumlah
26 orang sebagai kelas kontrol. Kelas VA merupakan sampel yang diberikan
perlakuan pembelajaran dengan Model Pembelajran PjBL dan kelas VB yang
diberikan perlakuan pembelajaran dengan Model Konvensional (Ekspositori).
Data yang diperoleh berasal dari hasil tes pilihan ganda 25 soal yang dikerjakan.
Teknik analisis data menggunakan independent sample t test. Hasil analisis uji
rata-rata posttest hasil belajar muatan IPA yang memperoleh nilai signifikansi (2-
tailed) 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulannya, adanya
pengaruh model PjBL terhadap hasil belajar IPA Tema 9 Benda – Benda di
Sekitar Kita pada siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta tahun pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Model PjBL, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item
View Item