PEMBERDAYAAN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SINGAPADU KALER KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR

NI KOMANG AYU APRI DEWI, - (2023) PEMBERDAYAAN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SINGAPADU KALER KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031042_Ni Komang Ayu Apri Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

PEMBERDAYAAN BUDAYA MEMBACA
PESERTA DIDIK KELAS IV

DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SINGAPADU KALER
KECAMATAN SUKAWATI KABUPATEN GIANYAR

NI KOMANG AYU APRI DEWI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : apridewi13@gmail.com

UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab III pasal 4
ayat 5 yang membahas tentang Prinsip-prinsip Penyelengaraan Pendidikan
disebutkan bahwa Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya
membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1). Bentuk pemberdayaan
budaya membaca peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Singapadu Kaler
Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar, 2) Kendala yang dihadapi dalam
pemberdayaan budaya membaca siswa kelas IV di SD Negeri 2 Singapadu Kaler
Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar, 3). Upaya dalam mengatasi kendala
pemberdayaan budaya membaca siswa kelas IV di SD Negeri 2 Singapadu Kaler
Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Menggunakan dua konsep yaitu
pemberdayaan dan budaya membaca. Masalah tersebut dikaji dengan teori
konstruktivisme dari Jean Piaget dan teori motivasi dari Hamzah B. Uno. Untuk
membuktikan masalah tersebut digunakan metode pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Bentuk pemberdayaan budaya
membaca peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Singapadu kaler yaitu literasi
membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran, program sarapan pagi, pojok
baca, membuat bahan karya teks, (2). Kendala dalam pemberdayaan budaya
membaca dari faktor ekstrinsik adalah lingkungan sekolah yaitu sarana dan
prasarana, faktor instrinsik yaitu kemampuan berbeda dan kebiasaan, (3). Upaya
mengatasi kendala pemberdayaan budaya membaca di kelas IV dari upaya pihak
sekolah yaitu kegiatan lomba pada jeda semester 2, penataan perpustakaan dan
upaya dari guru kelas IV yaitu memberi motivasi berupa semangat dan tepuk tangan
sebagai penghargaan.
Kata Kunci : Pemberdayaan, Budaya Membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item
View Item