NI KADEK ITA WIDYA ASTINI, - (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 24 TAHUN 2007 TENTANG KESESUAIAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SD NEGERI 4 TONJA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031044_NI KADEK ITA WIDYA ASTINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 24 TAHUN 2007 TENTANG KESESUAIAN STANDAR SARANA
DAN PRASARANA LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA) DI SD NEGERI 4 TONJA
NI KADEK ITA WIDYA ASTINI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: itaw75178@gmail.com
Berdasarkan hakikat IPA pembelajaran IPA di sekolah dasar dilakukan secara
inkuiri. Salah satu ciri inkuiri adalah adanya kegiatan praktikum. Namun faktanya
kegiatan praktikum IPA di sekolah dasar masih jarang dilakukan oleh guru. Hal itu
ditengarai minimnya sarana laboratorium IPA di sekolah dasar. Oleh karena itu
peneliti tertarik untuk meneliti kesesuaian sarana laboratorium IPA di sekolah dasar
dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tentang
Standar Sarana dan Prasarana. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui
kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berdasarkan Standarisasi Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 di SD Negeri 4
Tonja. 2) Untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana laboratorium Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) berdasarkan standarisasi Permendiknas Nomor 24 Tahun
2007 di SD Negeri 4 Tonja. 3) Untuk upaya yang dapat dilakukan oleh masing-
masing sekolah dalam mengatasi kendala dalam pemenuhan standar sarana dan
prasarana laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini termasuk
dalam penelitian metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode
observasi ,wawancara, dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data kualitatif.
Data akan dianalisis secara deskriptif.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Ketersediaan sarana dan prasarana
masih belum memenuhi standar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi
yang menyatakan bahwa hanya 5 komponen sarana laboratorium Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA) dari 13 indikator dengan rata-rata persentase 34,61% yang terpenuhi.
2) Pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan dengan pengadaan, penggunaan dan
perawatan sarana laboratorium. 3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi
hal tersebut yaitu: memberikan pelatihan kepada guru terhadap penggunaan alat
peraga yang dimodifikasi, siswa belajar IPA dengan membuat alat peraga sendiri
dan pengoptimalan manajemen laboratorium.
Kata Kunci : Standar, Sarana dan Prasarana, Laboratorium, IPA, Sekolah
dasar
ABSTRACT
IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 24 TAHUN 2007 TENTANG KESESUAIAN STANDAR SARANA
DAN PRASARANA LABORATORIUM ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA) DI SD NEGERI 4 TONJA
NI KADEK ITA WIDYA ASTINI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: itaw75178@gmail.com
Based on the nature of science, science learning in elementary schools is
carried out through inquiry. One of the characteristics of inquiry is the existence of
practicum activities. However, the fact is that science practicum activities in
elementary schools are still rarely carried out by teachers. It is suspected that there
is a lack of science laboratory facilities in elementary schools. Therefore,
researchers are interested in examining the suitability of science laboratory facilities
in elementary schools with the Regulation of the Minister of National Education
Number 24 of 2007 concerning Facilities and Infrastructure Standards. The purpose
of this study is to 1) determine the suitability of natural science (IPA) laboratory
facilities and infrastructure based on the Standardization of the Ministry of National
Education Number 24 of 2007 at SD Negeri 4 Tonja. 2) To determine the
management of Natural Sciences (IPA) laboratory facilities and infrastructure based
on the standardization of Permendiknas Number 24 of 2007 at SD Negeri 4 Tonja.
3) For efforts that can be made by each school in overcoming obstacles in meeting
the standards of Natural Sciences (IPA) laboratory facilities and infrastructure. This
research is included in qualitative method research. Data collection is carried out
through observation, interviews, documentation, and checking the validity of
qualitative data. The data will be analyzed descriptively.
The results of this study show that: 1) The availability of facilities and
infrastructure is still not up to standard. This is evidenced by the results of
observations, which state that only 5 components of Natural Science (IPA)
laboratory facilities from 13 indicators with an average percentage of 34.61% are
met. 2) Management of facilities and infrastructure is carried out by procuring,
using, and maintaining laboratory facilities. 3) Efforts made by the school to
overcome this are: providing training to teachers on the use of modified teaching
aids; students learning science by making their own teaching aids; and optimizing
laboratory management.
Keywords: Standards, Facilities and Infrastructure, Laboratory, Science,
Elementary School
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:07 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/838 |