ANAK AGUNG AYU ANDARI, - (2023) STRATEGI PENDIDIK DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TONJA DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031046_ANAK AGUNG AYU ANDARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI PENDIDIK DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK PADA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV
DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TONJA DENPASAR
TAHUN AJARAN 2022/2023
Anak Agung Ayu Andari
NIM.1911031046
Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
Email : gekandari154@gmail.com
Dalam interaksi belajar mengajar Pendidikan Pancasila di sekolah, pendidik
menggunakan berbagai macam strategi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila
bagi peserta didik. Motivasi sangat berguna untuk meningkatkan keberhasilan
peserta didik dalam belajar. Melalui penggunaan strategi pendidik ini dapat
memotivasi peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Masalah yang
dikaji dalam penelitian ini : 1) Bagaimana strategi pendidik dalam memotivasi
peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SD Negeri 4
Tonja, 2) Bagaimana Implikasinya terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila
kelas IV di SD Negeri Tonja. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mendeskripsikan
mengenai bentuk strategi pendidik dalam memotivasi peserta didik pada
pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SD Negeri 4 Tonja, 2)
Mengidentifikasi implikasi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas IV di
SD Negeri 4 Tonja. Dalam penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme dan
teori motivasi belajar dari Victor Vroom yaitu teori Harapan Vroom. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan berupa penelitian
deskriptif. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, studi
kepustakaan dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian:
Strategi pendidik dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 4
Tonja Denpasar yaitu dengan menggunakan strategi seperti (1) memberikan pujian,
(2) memberikan nilai, (3) memberikan hadiah, (4) memberikan hukuman, (5)
memberikan ice breaking, (6) menggunakan media pembelajaran dan (7) diskusi
kelompok. Implikasi terhadap hasil pembelajaran yaitu dapat dilihat dari ranah
kognitif (nilai), ranah afektif (sikap) dan ranah psikomotorik (ketrampilan) yang
sudah berimplikasi dengan baik.
Kata Kunci : Pendidikan Pancasila, Strategi Pendidik, Implikasi
ABSTRACT
EDUCATORS' STRATEGIES IN MOTIVATING STUDENTS IN
LEARNING PANCASILA EDUCATION CLASS IV
AT ELEMENTARY SCHOOL 4 TONJA DENPASAR
SCHOOL YEAR 2022/2023
Anak Agung Ayu Andari
NIM.1911031046
Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
gekandari154@gmail.com
In the interaction of teaching and learning Pancasila Education in schools,
educators use various strategies in learning Pancasila Education for students.
Motivation is very useful to increase the success of learners in learning. Through
the use of this educator strategy can motivate students in learning Pancasila
Education. The problems studied in this study: 1) How is the educator's strategy in
motivating students in learning Pancasila Education grade IV at SD Negeri 4
Tonja, 2) How are the implications for the learning outcomes of Pancasila
Education grade IV at SD Negeri Tonja. This research aims to; 1) Describe the
form of educator strategies in motivating students in learning Pancasila Education
grade IV at SD Negeri 4 Tonja, 2) Identify implications for the learning outcomes
of Pancasila Education grade IV at SD Negeri 4 Tonja. In this study using
constructivism theory and motivation theory learned from Victor Vroom, namely
Vroom's Expectation theory. This research uses a qualitative approach with a type
of research in the form of descriptive research. The informant determination
technique in this study used purposive sampling techniques. Data collection
techniques: observation, interviews, literature studies and documentation studies.
Data is analyzed using data collection, data reduction, data presentation and
conclusions. Research results: The strategy of educators in the learning process of
Pancasila Education at SD Negeri 4 Tonja Denpasar is to use strategies such as
(1) giving praise, (2) giving grades, (3) giving gifts, (4) giving punishments, (5)
giving ice breaking, (6) using learning media and (7) group discussions.
Implications for learning outcomes can be seen from the cognitive realm (values),
affective domain (attitudes) and psychomotor realm (skills) which have good
implications.
Keywords: Pancasila Education, Educator Strategy, Implications.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:07 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/839 |