STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIAKIN KECAMATAN KINTAMANI BANGLI

NI KADEK REMPINI, - (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIAKIN KECAMATAN KINTAMANI BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031051_NI KADEK REMPINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENINGKATAN
KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL
SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI SIAKIN

KECAMATAN KINTAMANI BANGLI

NI KADEK REMPINI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

E-mail : kadekrempini74@gmail.com

Strategi pembelajaran aktif adalah sebuah strategi yang dirancang untuk
membuat siswa belajar secara aktif, baik itu melalui pembentukan tim maupun secara
individual. Belajar aktif (active learning) meliputi berbagai cara untuk membuat siswa
aktif sejak awal melakukan aktivitas-aktivitas yang membangun kerja kelompok dan
dalam waktu yang singkat membuat mereka berpikir tentang materi pelajaran.
Pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi dua arah antara guru yang bertindak
sebagai pendidik dan siswa yang bertindak sebagai peserta didik, untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan. Pasca pandemic Covid-19 siswa menjadi kurang aktif
dalam pembelajaran serta guru kesulitan untuk menjalin komunikasi dengan siswa
karena siswa cenderung pasif. Untuk mengatasi keadaan tersebut guru menggunakan
strategi pembelajaran aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran
aktif, kendala-kendala dalam penggunaan strategi pembelajaran aktif dalam
peningkatan kualitas pembelajaran, dan upaya-upaya dalam mengatasi kendala
pembelajaran dari penggunaan strategi pembelajaran aktif Untuk menjawab
permasalahan-permasalahan yang ada peneliti menggunakan beberapa teori penelitian
yaitu teori belajar kognitif, teori belajar humanistik dan teori belajar behavioristic.
Model penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar
Negeri Siakin. Jenis dan sumber data yaitu data primer bersumber dari lapangan dan
ditunjang oleh data sekunder yang diperoleh dari literatur/pustaka yang relevan dengan
masalah penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah
dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Dari hasil pengolahan data peneliti menemukan : 1) penerapan strategi
pembelajaran aktif pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV di SD Negeri Siakin sudah
berjalan dengan baik, siswa sangat bersemangat dan antusias dalam menerima materi pelajaran. 2) Kendala-kendala yang ditemui guru dalam penerapa strategi pembelajaran
aktif yaitu pengalokasian waktu, kesulitan menyesuaikan model pembelajaran dengan
karakteristik materi pembelajaran, terdapat siswa yang kurang berkonsentrasi dan
kondisi kelas yang terkadang sulit terkendali. Kendala yang ditemui siswa selama
proses pembelajaran yaitu, sulit berkonsentrasi, kondisi fisik individu siswa dan
kurangnya rasa percaya diri. 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala
tersebut yaitu guru mengusahakan agar penggunaan waktu tetap efisien, meninjau
kembali model-model pembelajaran, mengembalikan konsentrasi siswa dengan
memanggil nama siswa yang kurang konsentrasi, menegur siswa lain yang ribut dan
lebih memperhatikan kondisi siswa.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Aktif, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item
View Item