SANG AYU MADE ERA KARISMAWATI, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO DALAM MEMOTIVASI SISWA BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 7 PEGUYANGAN DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031056_ Sang Ayu Made Era Karismawati.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO DALAM
MEMOTIVASI SISWA BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV
DI SD NEGERI 7 PEGUYANGAN
DENPASAR
SANG AYU MADE ERA KARISMAWATI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail: sangayuera27@gmail.com
Kemampuan peserta didik untuk memahami dan menyerap materi pembelajaran
yang diarahkan sudah pasti berbeda. Ada yang cepat, sedang, ada pula yang lambat..
Oleh karena itu peserta didik harus menempuh cara yang berbeda untuk memahami
suatu materi yang diajarkan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru
untuk mengerahkan kemampuannya agar peserta didik dapat memahami materi
pelajaran yang diajarkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan
menggunakan media pembelajaran yang tepat dan sesuai. Berdasarkan latar
belakang diatas maka dalam penelitian ini ada tiga permasalahan yang akan dibahas
antara lain: (1) Bagaimana varian video pembelajaran dalam memotivasi siswa
pada pembelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV di SD Negeri 7
Peguyangan? (2) Apakah kendala yang dilakukan guru dalam penerapan
pembelajaran berbasis media video dalam memotivasi siswa belajar Pendidikan
Pancasila kelas IV SD Negeri 7 Peguyangan? (3) Bagaimana upaya yang bisa
dilakukan guru untuk mengatasi kendala dalam penerapan pembelajaran berbasis
media video dalam memotivasi siswa belajar Pendidikan Pancasila di kelas IV SD
Negeri 7 Peguyangan?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan
varian video pembelajaran, (2) Untuk menguraikan kendala guru dalam penerapan
pembelajaran berbasis media video, (3) Dapat mengetahui upaya yang bisa
dilakukan guru dalam mengatasi kendala penerapan pembelajaran berbasis media
video dalam memotivasi siswa belajar Pendidikan Pancasila kelas IV di SD Negeri
7 Peguyangan, Denpasar. Teori untuk menganalisis rumusan masalah adalah: teori
behavioristik, teori motivasi, dan teori kontruktivisme. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif, dengan metode pendekatan kualitatif yang berlokasi di SD
Negeri 7 Peguyangan. Metode pengumpulan data adalah, observasi, wawancara,
dan studi dokumen. Teknik analisis data yakni dengan reduksi data, penyajian data,
dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini
adalah (1) gambaran umum lokasi penelitian: sejarah, visi dan misi,keadaan guru,
keadaan pegawai, sarana dan prasarana. (2) Varian video pembelajaran yang
digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 7
Peguyangan diantaranya, media video animasi, dan media video power point. (3)
Strategi penerapan media pembelajaran berbasis video di kelas IV SD Negeri 7
Peguyangan yakni dengan tahap pelaksanaan pembelajaraan. (4) kendala dan upaya
xi
dalam penerapan media pembelajaran berbasis video di kelas IV SD Negeri 7
Peguyangan yakni guru belum mahir dalam pembuatan video, kurangnya sarana
dan prasarana. Upayanya dengan mengikuti pelatihan.
Kata Kunci : Media Berbasis Video
ABSTRACT
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA VIDEO DALAM
MEMOTIVASI SISWA BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV
DI SD NEGERI 7 PEGUYANGAN, DENPASAR
SANG AYU MADE ERA KARISMAWATI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
E-mail: sangayuera27@gmail.com
The ability of students to understand and absorb the material Directed learning is
definitely different. Some are fast, medium, some are especially slow ones.
Therefore students must take a different way to understand the material being
taught. This is a challenge in it self for a teacher to mobilize his abilities so that
students canunderstand the subject matter being taught. One way that can be done
is to use appropriate and appropriate learning media.Based on the background
above, in this study there are three The issues that will be discussed include: (1)
How is the video variant learning in motivating students in learning Pancasila
Education in class IV at SD Negeri 7 Peguyangan? (2) what constraints do teachers
in the application of video media-based learning in motivating students learn
Pancasila Education class IV SD Negeri 7 Peguyangan? (3) How efforts that
teachers can make to overcome obstacles in implementation video media-based
learning motivates students to learn education Pancasila in class IV SD Negeri 7
Peguyangan?. This study aims to (1) Describe learning video variants, (2)
Descipher teacher constraints in implementing video media-based learning, (3) be
able to find out the efforts that teachers can make in overcoming obstacles in
implementing video-based learning in motivating students to learn Pancasila
education in class IV at SD Negeri 7 Peguyangan, Denpasar.Theories to analyze
the formulation of the problem are: behavioristic theory, motivation theory, and
constructivism theory. This type of research is research qualitative, with a
qualitative approach method located in SD Negeri 7 Peguyangan. Data collection
methods are observation, interviews, and studies document. Data analysis
techniques namely data reduction, data presentation, and interesting conclusion.The
results of the research and discussion in this study are (1) an overview public places
of research: history, vision and mission, condition of teachers, condition of
employees, facilities and infrastructure. (2) Variants of learning videos used in the
process learning in class IV students of 7 Peguyangan Elementary School
including,animation video media, and power point video media. (3) Media
implementation strategy video-based learning in class IV SD Negeri 7 Peguyangan
namely by learning implementation stage. (4) constraints and efforts in
implementing the media video-based learning in class IV SD Negeri 7 Peguyangan, namely the teacher has not proficient in making videos, lack of facilities and
infrastructure. Attempts with attend training.
Keywords: Video Based Media
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:07 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:07 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/842 |