PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 KERAMBITAN TABANAN

NI MADE AYU DINA WIYANTI, - (2023) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 KERAMBITAN TABANAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031057_ NI MADE AYU DINA WIYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI
BELAJAR SISWAMELALUI MEDIA PEMBELAJARAN
INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS
KELAS IV SD NEGERI 1 KERAMBITAN TABANAN

NI MADE AYU DINA WIYANTI
Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : wiyantiayu@gmail.com

Peran guru dalam menggunakan berbagai media pembelajaran interaktif sangat
diperlukan di sekolah untuk memotivasi belajar siswa, terlebih lagi pembelajaran
di sekolah yang sekarang ini beralih ke kurikulum merdeka. Pada kurikulum
merdeka belajar ini, pembelajaran IPA dan IPS digabung menjadi pembelajaran
IPAS.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam
menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran interaktif pada
pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Kerambitan Tabanan, 2) Untuk
menguraikan kendala yang dihadapi oleh guru dalam menumbuhkan motivasi
belajar siswa melalui media pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPAS kelas
IV SD Negeri 1 Kerambitan Tabanan, 3) Untuk menguraikan upaya yang dilakukan
oleh guru untuk mengahapi kendala dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa
melalui media pembelajaran interaktif pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri
1 Kerambitan Tabanan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori behaviorisme, teori
motivasi, dan teori kontruktivisme. Metode pengumpulan yang digunakan meliputi
observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan yang digunakan oleh
guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran
interaktif pada pembelajaran IPAS kelas IV yaitu melalui delapan keterampilan
mengajar. 2) Kendala yang dihadapi yaitu pemanfaat media pembelajaran yang
belum efektif, karakteristik siswa yang berbeda-beda, kendala siswa yang berasal
dari faktor internal, kendala siswa yang berasal dari faktor eksternal dan kendala
dari fasilitas sekolah 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu
melakukan pelatihan kepada pendidik, memahami karakteristik siswa, upaya yang
dilakukan untuk mengatasi kendala siswa yang berasal fari faktor internal, upaya
yang dilakukan untuk mengatasi kendala siswa yang berasal dari faktor eksternal
dan meningkatkan fasilitas media pembelajaran dan buku.
Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar, Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran IPAS

ABSTRACK

PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI
BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN
INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN IPAS
KELAS IV SD NEGERI 1 KERAMBITAN TABANAN

NI MADE AYU DINA WIYANTI
Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : wiyantiayu@gmail.com

Teacher's role in using various interactive learning media is very much needed
in schools to motivate student learning, especially learning in schools which are
currently shifting to an independent curriculum. In this independent learning
curriculum, science and social studies learning is combined into science learning.
This study aims 1) To describe the teacher's skills in fostering student motivation
through interactive learning media in Class IV Science learning at SD Negeri 1
Kerambitan Tabanan, 2) To describe the obstacles faced by teachers in fostering
student learning motivation through interactive learning media in Science learning
class IV SD Negeri 1 Kerambitan Tabanan, 3) To describe the efforts made by the
teacher to deal with obstacles in fostering student learning motivation through
interactive learning media in learning Science Science class IV SD Negeri 1
Kerambitan Tabanan.
Theory used in this study is the theory of behaviorism, theory of motivation, and
theory of constructivism. The collection methods used include observation,
interviews, literature study, and documentation.
Reserarch results show that: 1) The skills used by teachers in fostering student
learning motivation through interactive learning media in class IV science learning,
namely through eight teaching skills. 2) Obstacles encountered are the use of
learning media that are not yet effective, the characteristics of students are different,
student constraints come from internal factors, student constraints come from
external factors and constraints from school facilities 3) Efforts are being made to
overcome these obstacles, namely doing training for educators, understanding
student characteristics, efforts made to overcome student constraints originating
from internal factors, efforts made to overcome student constraints originating from
external factors and improving learning media facilities and books.
Keywords: Teacher's Role, Learning Motivation, Interactive Learning Media, Science Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/843

Actions (login required)

View Item
View Item