UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 4 KAWAN BANGLI

NI NYOMAN UTAMI DEWI, - (2023) UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 4 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031059_NI NYOMAN UTAMI DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN
KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK
DI SD NEGERI 4 KAWAN BANGLI
Ni Nyoman Utami Dewi
Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : dewinyoman997@gmail.com

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan
keterampilan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Dalam
pendidikan sebaiknya terdapat tenaga pendidik supaya jalan suatu pendidikan
terbantu dengan adanya tenaga pendidik. Seorang guru yang profesional tidak
hanya dapat menguasai materi pembelajaran saja tetapi seorang guru juga
harus mampu menjadi contoh yang baik, dan mampu mengarahkan siswa
kearah yang positif. Siswa sebagai titik pusat dalam proses pembelajaran.
Untuk melihat peningkatan mutu siswa, dapat dilihat dari perubahan tingkat
kedisiplinannya dari yang awalnya tingkat kedisiplinannya dibawah minimum
menjadi di atas minimum. Hal tersebut juga dapat dipengaruhi dari faktor Upaya
guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SD
Negeri 4 Kawan Bangli. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat
dirumuskan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah tingkat kedisiplinan
Peserta Didik di SD Negeri 4 Kawan Bangli? 2) Apakah kendala-kendala yang
dialami guru dalam meningkatkan kedisplinan belajar Peserta Didik di SD Negeri
4 Kawan Bangli? 3) Apakah upaya guru dalam meningkatkan kedisplinan belajar
Peserta Didik di SD Negeri 4 Kawan Bangli?. Masalah tersebut dikaji dengan
teori kontruktivisme, teori pendidikan, dan teori behavioristik. Penelitian ini
menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif.
Hasil penelitian tentang Upaya guru untuk meningakatkan kedisiplinan
belajar peserta didik di SD Negeri 4 Kawan Bangli yaitu 1) Tingkat kedisiplinan
peserta didik di SD Negeri 4 Kawan Bangli sudah bagus namun ada beberapa
peserta didik yang tingkat kedisiplinannya kurang hal tersebut dapat dilihat dari
kegiatan proses belajar mengajar di kelas. 2) terdapat kendala-kendala yang
dialami guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik yaitu,
kurangnya kerjasama antara guru dengan orang tua peserta didik, kurangnya guru
dalam mensosialisasikan tentang pentingnya kedisiplinan belajar dalam kehidupan
sehari-hari dan yang terakhir adalah kurangnya pemahaman guru mengenai
karakter peserta didiknya. 3) Upaya mendisiplinkan peserta didik di SD Negeri 4
Kawan Bangli ialah dengan membuat tata tertib khususnya ketika jam belajar
berlangsung yakni peserta didik dilarang mengganggu satu sama lain.
Kata kunci : Upaya guru, Kedisiplinan belajar.
ABTRACT

TEACHER EFFORTS TO IMPROVE
STUDENT LEARNING DISCIPLINE
IN SD NEGERI 4 KAWAN BANGLI
Ni Nyoman Utami Dewi
Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : dewinyoman997@gmail.com

Education is a process of learning about knowledge and skills that can be
done by anyone at any time. In education, there should be teaching staff so that
the path of an education is helped by the presence of teaching staff. A professional
teacher can not only master learning material but a teacher must also be able to be
a good example, and be able to direct students in a positive direction. Students as
the central point in the learning process. To see an increase in the quality of
students, it can be seen from changes in the level of discipline from the initial
level of discipline below the minimum to above the minimum. This can also be
influenced by the teacher's efforts as a facilitator in improving the discipline of
students at SD Negeri 4 Kawan Bangli. Based on the background of the problem,
the problem can be formulated as follows: 1) What is the level of discipline of
students at SD Negeri 4 Kawan Bangli. 2) What are the obstacles experienced by
teachers in increasing student learning discipline at SD Negeri 4 Kawan Bangli. 3)
What are the teacher's efforts to improve student learning discipline at SD Negeri
4 Kawan Bangli. The problem is studied with the theory of constructivism,
educational theory, and behavioristic theory. This research uses descriptive
qualitative research.
The results of the research on the teacher's efforts to improve the learning
discipline of students at SD Negeri 4 Kawan Bangli, namely 1) The level of
discipline of students at SD Negeri 4 Kawan Bangli is good, but there are some
students whose level of discipline is lacking, this can be seen from the teaching
and learning process activities in the classroom. 2) there are obstacles experienced
by teachers in improving student learning discipline, namely, lack of cooperation
between teachers and parents of students, lack of teachers in socializing the
importance of disciplined learning in everyday life and the last is the teacher's
lack of understanding about the character of participants he taught. 3) Efforts to
discipline students at SD Negeri 4 Kawan Bangli are by making rules especially
during study hours, namely students are prohibited from disturbing each other.
Keywords : teacher’s efforts, learning discipline.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item
View Item