IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN

I DEWA AYU WINDA ASTUTI, - (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031061_I DEWA AYU WINDA ASTUTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
PEDULI LINGKUNGAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

NEGERI 5 KAWAN
I Dewa Ayu Winda Astuti
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : windadewayu3@gmail.com

Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan alam adalah sikap dan
tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam
disekitarnya, dan upaya memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Oleh karena
itu penerapan karakter peduli lingkungan alam ini sangat penting untuk diterapkan dan
ditanamkan kepada peserta didik sejak dini agar dapat menciptakan generasi muda
yang berkarakter, diantaranya karakter peduli lingkungan alam sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui bentuk implementasi pendidikan
karakter peduli lingkungan alam yang sudah dilaksanakan di SD Negeri 5 Kawan, 2)
untuk mengetahui apa saja dampak dari bentuk implementasi pendidikan karakter
peduli lingkungan alam yang sudah dilaksanakan di SD Negeri 5 Kawan, 3) Untuk
mengetahui bagaimana upaya penguatan implementasi pendidikan karakter peduli
lingkungan alam di SD Negeri 5 Kawan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ekologi dan teori
konstruktivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Bentuk implementasi pendidikan
karakter peduli lingkungan alam, yaitu: (1) Peraturan sekolah dalam pelaksanaan
pendidikan karakter peduli lingkungan alam, (2) Pengintegrasian nilai peduli
lingkungan ke dalam mata pelajaran, (3) Program sekolah dalam pelaksanaan
pendidikan karakter peduli lingkungan alam. 2) Dampak dari bentuk implementasi
pendidikan karakter peduli lingkungan alam, yaitu: (1) dampak terhadap kelestarian
lingkungan sekolah, (2) dampak terhadap kepedulian siswa terhadap lingkungan alam
di sekolah (3) dampak menumbuhkan sikap kebersamaan antar warga sekolah. 3)
upaya penguatan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan alam, yaitu: 1)
Tindakan spontan, 2) Keteladanan, dan 3) Pengkondisian.
Kata Kunci: Implementasi, pendidikan karakter, peduli lingkungan alam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:07
Last Modified: 21 Oct 2025 02:07
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item
View Item