Ni Wayan Pujayanti, - (2023) PENERAPAN BUDAYA LITERASI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031063_NI WAYAN PUJAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PENERAPAN BUDAYA LITERASI DALAM UPAYA
MENGEMBANGKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK
DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN
Ni Wayan Pujayanti
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : pujaynt29@gmail.com
Penerapan Budaya Literasi adalah pelaksanaan suatu kebiasaan yang
muncul atas kemampuan seseorang dalam mengakses, memahami, dan
menggunakan sesuatu secara cerdas melalui dengan berbagai aktivitas membaca,
melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Literasi sangat penting bagi siswa
karena keterampilan literasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar
dalam kehidupannya. Oleh karena itu budaya literasi sangat penting untuk
diterapkan dan ditanamkan kepada peserta didik sejak dini agar dapat
menciptakan generasi muda yang cerdas, berkarakter sesuai dengan tujuan
pendidikan nasional.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bentuk penerapan budaya
literasi yang di terapkan di SD Negeri 5 Kawan Bangli, 2) Untuk mengetahui
tantangan yang dihadapi dari bentuk penerapan budaya literasi dalam upaya
mengembangkan minat baca peserta didik di SD Negeri 5 Kawan Bangli, 3)
Untuk mengetahui dampak yang dihadapi dari bentuk penerapan budaya literasi
dalam upaya mengembangkan minat baca peserta didik di SD Negeri 5 Kawan
Bangli
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioristik dan
teori konstruktivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi,
wawancara, dan Studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis
dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Bentuk penerapan budaya literasi
dalam upaya mengembangkan minat baca peserta didik, yaitu: (1) Program
sekolah dalam pelaksanaan Budaya Literasi, (2) Pengintegrasian budaya literasi
ke dalam mata pelajaran, 2). Tantangan dari bentuk penerapan budaya literasi
dalam upaya mengembangkan minat baca peserta didik, yaitu: (1) Disiplin siswa,
(2) kemampuan dan potensi siswa, (3) Minat dan motivasi siswa masih rendah 3)
Implikasi dari bentuk penerapan budaya literasi dalam upaya mengembangkan
minat baca siswa, yaitu: 1) Kesenangan Membaca, 2) Kesadaran Membaca, 3)
Frekuensi Membaca, 4) Kualitas Sumber Bacaan.
Kata Kunci: Penerapan, Budaya Literasi, Mengembangkan Minat baca
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/846 |