IMPLEMENTASI MEDIA LITERASI DIGITAL DALAM MEMOTIVASI KEBIASAAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 5 SUMERTA DENPASAR

NI KADEK DIAH SUKMADEWI, - (2023) IMPLEMENTASI MEDIA LITERASI DIGITAL DALAM MEMOTIVASI KEBIASAAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 5 SUMERTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031066_Ni Kadek Diah Sukmadewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

IMPLEMENTASI MEDIA LITERASI DIGITAL DALAM MEMOTIVASI
KEBIASAAN KEBIASAAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK
PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DI SD NEGERI 5 SUMERTA DENPASAR
NI KADEK DIAH SUKMADEWI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakulta Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : nikadekdiah2@gmail.com

Literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam memperoleh,
mengolah, belajar dan menyampikan informasi seiiring berkembangnya akses
informasi dan komunikasi melalui media digital. Minat membaca siswa masih
sangat minim, rendahnya literasi akan menjadi ancaman bagi kehidupan masa
depan. Adanya literasi digital dapat digunakan untuk menumbuhkan budaya
membaca. Gerakan Literasi Sekolah didukung dengan adanya penguatan literasi
dalam pembelajaran di sekolah Dasar. Media literasi digital yang digunakan berupa
video pembelajaran melalui alat digital yakni LCD dan Laptop untuk mendukung
proses pembelajaran. Pendidik dituntut memiliki standar kompetensi yang sesuai
dengan perkembangan zaman, setiap individu diharuskan memahami pentingnya
literasi digital. Guru sebagai mentor, pembimbing, sumber inspirasi, memberikan
pemikiran menurut kaidah ilmiah dan dapat mengoptimalkan pemanfaatan
teknologi pembelajaran. Penguatan literasi digital bagi setiap orang untuk
menyadarkan kolektif bermedia sosial bagi siswa di sekolah dasar perlu adanya
edukasi dengan penggunaan yang diperlukan dan terhindar dari perundungan,
permainan (game) yang menjadi candu, korban media sosial, bahkan korban dari
kelalaian dalam pengelolaan waktu. Tempat strategis, penggunaan media
pembelajaran yang sesuai perkembangan teknologi dan sarana prasarana menjadi
pendukung penerapan media literasi digital untuk memotivasi kebiasaan membaca
peserta didik di SD Negeri 5 Sumerta Denpasar.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bentuk implementasi media literasi
digital dalam memotivasi kebiasaan membaca bagi peserta didik pada pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Sumerta Denpasar; (2) mengetahui kendala dan
upaya yang di hadapi dalam implementasi media literasi digital dalam memotivasi
kebiasaan membaca bagi peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
Negeri 5 Sumerta Denpasar; (3) mengetahui implikasi dari implementasi media
literasi digital dalam memotivasi kebiasaan membaca bagi peserta didik pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Sumerta Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah teori
fungsionalisme, teori motivasi dan teori konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data kualitatif menggunakan teknik
triangulasi – sumber informasi dan instrument penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan, yaitu sebagai berikut. Pertama, Bentuk
implementasi media literasi digital dalam memotivasi kebiasaan membaca bagi
peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Sumerta
Denpasar, yang dilakukan guru yaitu: penggunaan media literasi digital, media
yang digunakan adalah Laptop, LCD dan HP (handphone). Tahapan dalam
implementasi media literasi digital yaitu, tahap pengembangan, taha pembelajaran
dan tahap evaluasi. Kedua, Kendala dan upaya yang di hadapi dalam implementasi
media literasi digital dalam memotivasi kebiasaan membaca bagi peserta didik pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Sumerta Denpasar berasal dari
faktor peserta didik, faktor guru dan faktor sekolah. Ketiga, implikasi dari
implementasi media literasi digital dalam memotivasi kebiasaan membaca bagi
peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 5 Sumerta
Denpasar adalah kreatifitas peserta didik, gemar membaca dan rasa ingin tahu.
Kata kunci: Media Literasi Digital, Motivasi Kebiasaan Membaca,
Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:08
Last Modified: 21 Oct 2025 02:08
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item
View Item