PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 23 PEMECUTAN DENPASAR BARAT

NI WAYAN ARI MARIANTI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 23 PEMECUTAN DENPASAR BARAT. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031077_NI WAYAN ARI MARIANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Proses pembelajaran tidak sekedar menghafal konsep-konsep untuk menghasilkan
pemahaman yang utuh sehingga konsep-konsep yang dipelajari dipahami secara
baik dan tidak dilupakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat
pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil
belajar IPA Kelas V SD Negeri 23 Pemecutan Denpasar Barat. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes pilihan ganda
sebanyak 20 butir soal yang telah diuji coba menggunakan uji validitas meliputi uji
validitas isi dan uji validitas butir soal, uji reliabilitas, uji daya beda, tingkat
kesukaran dan efektivitas pengecoh. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis
data statistik inferensial berbantuan SPSS.25.0 yang meliputi uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji-t. Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan nilai
rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen adalah 89,20 sedangkan pada kelas
kontrol 63,65. Pada hasil uji indenpendent t-tes menunjukkan hasil sig.2 tailed
sebesar 0,000 < 0,05, di mana berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Simpulan dari
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri 23 Pemecutan Denpasar
Barat.

Kata kunci : Inkuiri terbimbing, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

ABSTRACT

The learning process is not just about memorizing concepts to produce a complete
understanding so that the concepts studied are understood well and are not
forgotten. The formulation of the problem in this research is whether there is a
significant influence of the guided inquiry learning model on the science learning
outcomes of Class V at SD Negeri 23 Pemecutan, West Denpasar. The data
collection method in this research is to use a multiple choice test with 20 questions
which have been tested using validity tests including content validity tests and item
validity tests, reliability tests, different power tests, level of difficulty and
effectiveness of distractors.Next, the data was analyzed using inferential statistical
data analysis assisted by SPSS.25.0 which includes normality tests, homogeneity
tests, and t-tests. The findings in this research are that there is a difference in the
average posttest score in the experimental class, which is 89.20, while in the control
class it is 63.65. The independent t-test results show a sig.2 tailed result of 0.000 <
0.05, which means H0 is rejected and H1 is accepted. The conclusion of this
research is that there is a significant influence of the guided inquiry learning model
on the science learning outcomes of Class V at SD Negeri 23 Pemecutan, West
Denpasar.

Keywords: Guided inquiry, learning outcomes, natural sciences

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:08
Last Modified: 21 Oct 2025 02:08
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item
View Item