KADEK DITA RIYANTI, - (2023) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI UNTUK MEMBANGUN PROFIL PELAJAR PANCASILADI SD SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031079_KADEK DITA RIYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER TARI
UNTUK MEMBANGUN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DI SD SARASWATI 1 DENPASAR
KADEK DITA RIYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa
Denpasar
Email: ditariyanti123@gmail.com
Profil pelajar pancasila adalah suatu pandangan serta wujud pelajar yang
mengamalkan dan menerapkan sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari
baik di saat sedang dalam pembelajaran maupun saat terjun ke masyarakat.
Pembelajaran ekstrakurikuler tari memiliki manfaat yang sangat penting bagi
kehidupan manusia baik secara pribadi maupun sosial, sehingga sangat beralasan
jika ekstrakurikuler masuk dalam kurikulum pendidikan dasar. Mendikbud
Nadiem Anwar Makarim telah menetapkan enam dimensi profil pelajar pancasila.
Profil pelajar pancasila dapat dibentuk melalui pembelajaran ekstrakurikuler tari,
dimana pembelajaran ekstrakurikuler tari ini sebagai salah satu upaya untuk
melatih keterampilan psikomotor, kreativitas dan sikap yang memuat nilai–nilai
profil pelajar pancasila.
Masalah dalam penelitian ini: (1)Bagaimana bentuk pembelajaran
ekstrakurikuler tari untuk membangun profil pelajar pancasila di SD Saraswati 1
Denpasar, (2)Bagaimana kendala dan upaya pembelajaran ekstrakurikuler tari
untuk membangun profil pelajar pancasila di SD Saraswati 1 Denpasar,
(3)Bagaimana implikasi pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk membangun
profil pelajar pancasila di SD Saraswati 1 Denpasar. Metode dalam penelitian ini
menggunakan jenis Penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi
dokumentasi.
Hasil penelitian: (1) Pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk membangun
profil pelajar pancasila meliputi keteladanan guru, penguatan profi pelajar
pancasila dalam pembelajaran. (2) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran
ekstrakurikuler tari yakni kendala yang dihadapi guru dalam membangun profil
pelajar pancasila yaitu, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran dan bentuk pembelajaran yang kurang menarik atau variasi, kendala
yang dihadapi siswa saat proses pembelajaran ekstrakurikuler tari yaitu, kurang
memahami pada tarian yang diajarkan, tidak fokus pada saat pembelajaran
berlangsung dan kurang memanage waktu dengan baik.(3) Upaya yang dilakukan
guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi tersebut yaitu, memberikan
rangsangan belajar sebanyak mungkin, membantu siswa untuk melakukan refleksi
terhadap pemahaman dan pembelajaran, memperbaiki kondisi dan terus-menerus memberikan motivasi kepada siswa serta merubah metode pembelajaran yang
lebih kreatif dan bervariasi.
Kata Kunci :Profil Pelajar Pancasila dan Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/852 |