KOMANG VANI NOPIYANTI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI TULANGAMPIANG KOTA DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031083_KOMANG VANI NOPIYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP
INVESTIGATION BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP
LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS
DI SD NEGERI TULANGAMPIANG KOTA DENPASAR
KOMANG VANI NOPIYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : vanop11100@gmail.com
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan belajar peserta didik. Namun berdasarkan hasil observasi peneliti,
guru sebagai tenaga pendidik di SD Negeri Tulangampiang masih dominan
menggunakan model pembelajaran konvensional. Pemilihan model pembelajaran
group investigation berbasis lingkungan sekitar bisa dijadikan alternatif untuk
mencapai keberhasilan belajar.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana sintaks
pembelajaran model pembelajaran group investigation berbasis lingkungan
sekitar terhadap literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SD
Negeri Tulangampiang Kota Denpasar?, 2) Bagaimana pengaruh penerapan
model pembelajaran group investigation berbasis lingkungan sekitar terhadap
literasi sains peserta didik pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri
Tulangampiang Kota Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)
Mendeskripsikan sintaks pembelajaran model pembelajaran group investigation
berbasis lingkungan sekitar yang mempengaruhi literasi sains peserta didik, 2)
Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation
berbasis lingkungan sekitar terhadap literasi sains peserta didik.
Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori
konstruktivisme. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan
tes. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan t-tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Sintaks model pembelajaran
model pembelajaran group investigation berbasis lingkungan sekitar terhadap
literasi sains peserta didik membantu peserta didik menjadi lebih aktif, mampu
berpikir kritis dalam mengikuti pembelajaran. 2) Penggunaan model
pembelajaran group investigation berbasis lingkungan sekitar memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap literasi sains peserta didik pada mata pelajaran
IPAS. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikasi sebesar
0,037 < 0,05, dan nilai thitung = 2,124 > ttabel = 2,023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Group Investigation Berbasis
Lingkungan Sekitar, Literasi Sains.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/855 |