KOMANG GEG PANDE LAKSMI YOGANTARI, - (2023) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGUNAAN YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031087_Komang Geg Pande Laksmi Yogantari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGUNAAN YOUTUBE
PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VI
SEKOLAH DASAR NEGERI 5 KAWAN BANGLI
Komang Geg Pande Laksmi Yogantari
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: komanggeg968@gmail.com
Penyebab utama kelemahan dalam proses pembelajaran adalah karena
kebanyakan guru tidak melakukan kegiatan pembelajaran dengan memfokuskan
pada pengembangan sikap dan keterampilan proses sains anak. Pada akhirnya,
keadaan semacam ini yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan hanya
terpusat pada penyampaian materi dalam buku saja. Kondisi tersebut
melatarbelakangi penelitian ini untuk menginterpretasikan (1) bagaimanakah
realitas keterampilan guru dalam penggunaan youtube pada pembelajaran IPA di
Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 5 Kawan Bangli?; (2) bagaimanakah dampak
keterampilan guru dalam penggunaan youtube pada pembelajaran IPA di Kelas VI
Sekolah Dasar Negeri 5 Kawan Bangli?; dan (3) bagaimanakah upaya peningkatan
keterampilan guru dalam penggunaan youtube pada pembelajaran IPA di Kelas VI
Sekolah Dasar Negeri 5 Kawan Bangli?. Teori yang digunakan adalah
kontruktivisme dan behaviorisme. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis
adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil
dari penelitian ini adalah (1) realitas keterampilan guru dalam penggunaan youtube
pada pembelajaran IPA di kelas VI A terdiri dari empat realitas yaitu keterampilan
memilih konten youtube yang relevan dengan pembelajaran IPA, keterampilan
menempatkan youtube dalam tahapan kegiatan pembelajaran, keterampilan
mengoperasikan fitur-fitur pada platform youtube, keterampilan menjelaskan
konten youtube; (2) dampak keterampilan guru dalam penggunaan youtube pada
pembelajaran IPA di kelas VI A yakni dampak Positif adalah belajar menggunakan
youtube dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan aktivitas belajar
siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa, serta dampak negatif dalam
penggunaan youtube yaitu kurangnya interaksi guru dengan siswa dan manajemen
waktu yang kurang; (3) upaya peningkatan keterampilan guru dalam penggunaan
youtube pada pembelajaran IPA di kelas VI A dengan peningkatan keterampilan memilih konten youtube, peningkatan keterampilan menempatkan youtube dalam tahapan kegiatan pembelajaran, peningkatan keterampilan mengoperasikan fitur-
fitur youtube, peningkatan keterampilan menjelaskan konten youtube.
Kata Kunci: Keterampilan Guru, Penggunaan Youtube, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/856 |