PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS MAS KECAMATAN UBUD, KABUPATEN GIANYAR

NI KADEK INDAH WIDANI PUTRI, - (2023) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS MAS KECAMATAN UBUD, KABUPATEN GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031088_NI KADEK INDAH WIDANI PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SD
GUGUS MAS, KECAMATAN UBUD, KABUPATEN GIANYAR.

NI KADEK INDAH WIDANI PUTRI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : nwidaniputri@gmail.com

Pemecahan masalah dalam pelajaran matematika menjadi perhatian penting
dalam belajar matematika, salah satu model pembelajaran yang mampu
merangsang siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran yaitu guided
discovery learning.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah terdapat
pengaruh yang signifikan model guided discovery learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Gugus Mas. 2) Apakah terdapat
pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa Kelas IV SD Gugus Mas. Penelitian ini bertujuan untuk
: 1) Untuk mengukur perbedaan yang signifikan model guided discevery learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Gugus
Mas 2) Untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
yang dibelajarkan menggunakan Pembelajaran Konvensional Kelas IV SD Gugus
Mas.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Penelitian ini
menggunakan jenis desain penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design. Dua
kelas diberikan perlakuan yang berbeda, sehingga terlihat perbedaan kemampuan
pemecahan masalah siswa. Populasi yang digunakan yaitu peserta didik kelas IV
SD Gugus Mas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Adanya pengaruh yang signifikan
dari model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika kelas IV SD Gugus Mas dengan nilai rata – rata pretest adalah 52,69
dan rata – rata posttest adalah 75,00 hal ini menunjukan jika 75,00 > 52,69. 2)
Adanya pengaruh model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika kelas IV SD Gugus Mas dengan nilai rata – rata peetest adalah 45,17
dan rata – rata posttest adalah 60,34 hal ini menunjukan jika 60,34 > 45,17, dapat
disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery learning memiliki pengaruh
yang lebih signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Model Guided Discovery Learning, Model
Pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:08
Last Modified: 21 Oct 2025 02:08
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/857

Actions (login required)

View Item
View Item