PERAN GURU DALAM INTERNALISASI BUDAYA SADAR LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 4 KAWAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI

NI WAYAN SARIASIH, - (2023) PERAN GURU DALAM INTERNALISASI BUDAYA SADAR LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 4 KAWAN KECAMATAN BANGLI KABUPATEN BANGLI. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031089_NI WAYAN SARIASIH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

PERAN GURU DALAM INTERNALISASI BUDAYA
SADAR LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK DI
SD NEGERI 4 KAWAN KECAMATAN BANGLI

KABUPATEN BANGLI
Ni Wayan Sariasih

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : sariasih175@gmail.com

Seorang Guru merupakan sosok yang sangat penting dalam mengantarkan
pendidikan setiap generasi. Peran seorang guru tidak tergantikan dalam membentuk
karakter bangsa. Kesadaran terhadap pribadi dan lingkungan wajib dikembangkan
sebagai suatu motivasi dalam kehidupan, dalam hal ini lembaga pendidikan memiliki
peran dan tanggung jawab yang sangat fundamental terhadap pengembangan peserta
didiknya. SD Negeri 4 Kawan memiliki program peduli lingkungan atau sadar
lingkungan yang dilaksanakan setiap hari diluar jam pelajaran, akan tetapi dalam
pelaksanaannya banyak mendapatkan hambatan dan perlu adanya penelitian lebih
lanjut untuk mencari solusi dari hambatan-hambatan tersebut.
Berdasarkan pandangan penelitian diatas maka penelitian ini memiliki 3 fokus
kajian yaitu : 1) Bagaimana strategi guru dalam internalisasi budaya sadar lingkungan
di SD Negeri 4 Kawan. 2) Kendala dan upaya guru dalam program internalisasi budaya
sadar lingkungan di SD Negeri 4 Kawan. 3) Bagaimanakah implikasi program budaya
sadar lingkungan terhadap peserta didik di SD Negeri 4 Kawan. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori motivasi, teori
kendala belajar dan teori konstruktivisme dan teknik pengumpulan data observasi,
wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi guru dalam internalisasi
budaya sadar lingkungan di SD Negeri 4 Kawan yakni menggunakan tiga bentuk
strategi utama yang meliputi Problem Based Instruction, Jigsaw Learning, dan
Outdoor Study. 2) Kendala guru dalam program internalisasi budaya sadar lingkungan
di SD Negeri 4 Kawan yaitu kurangnya pemahaman tentang ekosistem dan juga
perbedaan pola asuh dan pengaruh lingkungan yang kontradiktif dengan pendidikan di
sekolah. Upaya Guru Dalam Program Internalisasi Budaya Lingkungan yaitu
memberikan pengetahuan tentang isu lingkungan dan aktualisasi keteladanan guru. 3).
Implikasi program budaya sadar lingkungan terhadap peserta didik di SD Negeri 4
Kawan adalah meliputi kepedulian terhadap lingkungan, kenyamanan dalam belajar,
dan kesehatan. Kepedulian peserta didik terhadap lingkungan dapat dilihat dari cara
mereka memperhatikan dan menjaga lingkungannya tetap bersih melalui disiplin
membuang sampah. Sejurus dengan perilaku disiplin membuang sampah tersebut
maka lingkungan akan bersih sehingga peserta didik akan merasa nyaman dalam mengikuti pelajaran. Serta dampak kebersihan lingkungan yang dilaksanakan melalui
program budaya sadar lingkungan tentunya akan meningkatkan imunitas dan juga
kesehatan peserta didik sehingga jarang mengalami sakit.
Kata Kunci : Peran Guru, Budaya, Sadar Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:08
Last Modified: 21 Oct 2025 02:08
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item
View Item