I NYOMAN ANGGA SEMPANA, - (2023) PEMBERIAN REWARD DALAM MEMOTIVASI SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031090_I Nyoman Angga Sempana.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PEMBERIAN REWARD DALAM MEMOTIVASI SISWA
KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DI SD SARASWATI 1 DENPASAR
I NYOMAN ANGGA SEMPANA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : inyomananggasempana000@gmail.com
Motivasi belajar siswa adalah unsur yang penting untuk menunjang
keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Namun, faktanya banyak siswa
khususnya di sekolah dasar yang tidak menyukai pemlajaran matematika karena
pelajaran matematika dianggap rumit, membosankan dan kurangnya minat serta
motivasi dalam diri siswa sekolah dasar. Guru harus mampu memberikan
rangsangan kepada peserta didik sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
siswa. Oleh karena itu guru kelas III A di SD Saraswati 1 Denpasar menerapkan
pemberian reward untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk
reward yang diberikan dalam memotivasi siswa kelas III A pada mata pelajaran
matematika di SD Saraswati 1 Denpasar?, 2) Bagaimana kendala dan upaya yang
dihadapi guru dalam pemberian reward untuk memotivasi siswa kelas III A pada
mata pelajaran matematika di SD Saraswati 1 Denpasar?, 3) Bagaimana implikasi
pemberian reward terhadap motivasi siswa kelas III A pada mata pelajaran
matematika di SD Saraswati 1 Denpasar?. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui secara umum tentang pengaruh pemberian reward dalam memotivasi
siswa kelas III A pada mata pelajaran matematika di SD Saraswati 1 Denpasar.
Teori yang digunakan untuk menganalisi masalah penelitian ini adalah teori
motivasi dan teori behavioristik. Mengumpulkan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dukumentasi, dan metode studi kepustakaan. Data yang
telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan
langkah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk reward yang diberikan
dalam memotivasi siswa kelas III A pada mata pelajaran matematika yaitu reward
verbal dan reward nonverbal. 2) Kendala yang dihadapi dapat dilihat dari dua faktor
yaitu faktor internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan berupa sosialisasi
kesehatan, melatih kemampuan siswa, memberdayakan benda yang ada disekitar,
dan menanamkan sikap saling menghargai kepada siswa. 3) Implikasi pemberian
reward terhadap motivasi siswa kelas III A pada mata pelajaran matematika, yaitu
menumbuhkan motivasi belajar matematika peserta didik, meningkatkan hasil
belajar matematika peserta didik dan meningkatkan pemahaman peserta didik.
Kata Kunci: Reward, Pelajaran Matematika, dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/859 |