NI MADE DESI PRIMAYANI, - (2023) IMPLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031091_NI MADE DESI PRIMAYANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA
SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR
SARASWATI 1 DENPASAR
NI MADE DESI PRIMAYANI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: desiprimayani32@gmail.com
Implikasi Media Sosial merupakan dampak media online dan dipergunakan
untuk kebutuhan komunikasi, berinteraksi, berpartisipasi, berbagi dan menciptakan
isi/konten untuk digunakan para penggunanya melalui perangkat aplikasi khusus
dengan jaringan internet tanpa dibatasi oleh ruang atau waktu, yang saat ini erat
dengan kehidupan remaja, dan salah satunya ialah instagram. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan dan penerapan media
sosial terhadap pemanfaatan media sosial instagram sebagai media penyajian kreasi
seni dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya. Khususnya setelah masa
pandemi seperti saat ini, dimana ajang pementasan yang terbatas ruang, sehingga
melalui media sosial Instagram ini dapat menjadi sarana aktualisasi kreasi seni
peserta didik.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana
Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Pada
Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Saraswati 1 Denpasar, 2) Mengapa Penerapan media
sosial Berimplikasi dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya pada Siswa kelas
4 di Sekolah Dasar Saraswati 1 Denpasar. Teori yang digunakan untuk menganalisis
masalah ini adalah teori Behaviorisme, teori kogmitif dan teori motivasi. Metode
pengumpulan data menggunakan metode angket.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan pendekatan kualitatif yang berangkat dari kajian literatur mengenai
penggunaan dan penerapan media untuk pembelajaran, dan presentasi project yang
disajikan peserta didik serta mengetahui tanggapannya. Data menunjukan bahwa
peserta didik sudah terbiasa dengan penggunaan media sosial instagram ini dalam
kesehariannya, dan sebanyak 60% merasa penggunaan dan penerapan media sosial
instagram dapat dijadikan alternative solusi untuk pembelajaran. Adapun saran
mengoptimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan media sosial Instagram ialah
dengan melengkapi konten sesuai materi, merapihkan feeds agar tampak menarik
serta penerapan live instagram sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran seni
budaya dan prakaraya untuk mengisi waktu libur dan melakukan praktek di sekolah.
Kemudian pengiriman hasil karya di upload di instagram pribadi.
Kata Kunci: Implikasi Media, Sosial, Instagram and Seni Budaya dan
Prakarya.
ABSTRAK
IMPLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA PADA
SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR
SARASWATI 1 DENPASAR
NI MADE DESI PRIMAYANI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: desiprimayani32@gmail.com
The implications of Social Media are the impact of online media and are
used for the needs of communication, interacting, participating, sharing and
creating content /content for use by users through special application devices with
internet networks without being limited by space or time, which is currently close
to the lives of teenagers, and one of them is Instagram. The purpose of this study
is to find out how the use and application of social media on the use of Instagram
social media as a medium for presenting art creations in learning cultural arts and
crafts. Especially after a pandemic like today, where the staging event is limited in
space, so through Instagram social media this can be a means of actualizing
students' art creations.
The problems discussed in this study are: 1) How the Use of Social Media
in Learning Cultural Arts and Crafts in Grade 4 Students at Saraswati 1
Elementary School Denpasar, 2) Why the Application of Social Media
Implications in Learning Cultural Arts and Crafts in Grade 4 Students at Saraswati
1 Elementary School Denpasar. Teori yang digunakan untuk menganalisis
masalah ini adalah teori Behaviorisme, teori kogmitif dan teori motivasi. Metode
pengumpulan data menggunakan metode angket.
The research method used in this study is to use a qualitative approach that
departs from a literature review on the use and application of media for learning,
and project presentations presented by students and knowing their responses. Data
shows that students are accustomed to the use of Instagram social media in their
daily lives, and as many as 60% feel the use and application of Instagram social
media can be used as an alternative solution for learning. The advice to optimize
learning by utilizing Instagram social media is to complete content according to
the material, tidy up feeds to look interesting and the application of Instagram live
as a learning medium for learning cultural arts and infrastructure to fill holiday
time and practice at school. Then the submission of the work is uploaded on
personal Instagram.
Keywords: Implikasi, Social Media, Instagram and Seni Budaya dan Prakarya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:08 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/860 |