PUTU EKA MEGA JAYANTI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN KUBUTAMBAHAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031093_PUTU EKA MEGA JAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT
PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT
BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN
KUBUTAMBAHAN
Putu Eka Mega Jayanti
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: ecamegajayanti18@gmail.com
Salah satu faktor penentu suksesnya proses pembelajaran adalah minat
belajar siswa. Hasil observasi awal menemukan bahwa siswa kurang berminat
dalam mengikuti pembelajaran matematika. di kelas. Hal itu disebabkan oleh belum
optimalnya model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model dan
media pembelajaran kurang menarik sehingga siswa kurang memperhatikan guru,
dan lebih memilih untuk mengobrol dengan siswa lainnya. Adanya fenomena
tersebut perlu adanya model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan minat
belajar siswa pada pelajaran matematika.
Penelitian ini mengajukan pengaruh dari model pembelajaran team games
tournament terhadap minat belajar matematika siswa kelas V. Tujuan penelitian ini
untuk dapat mengetahui pengaruh dari model pembelajaran team games tournament
untuk meningkatkan minat siswa dalam pelajaran matematika. Dan dapat
bermanfaat sebagai bahan refernsi model pembelajaran yang dapat digunakan untuk
proses pembelajaran di kelas.
Gugus II Kecamata Kubutambahan terdapat 7 sekolah yakni: (1) SD N 1
Kubutambahan, (2) SD N 2 Kubutambahan, (3) SD N 3 Kubutambahan, (4) SD N
4 Kubutambahan, (5) SD N 5 Kubutambahan, (6) SD N 6 Kubutambahan, dan (7)
SD N 7 Kubutambahan. Dengan melakukan teknik cluster random sampling dan
uji kesataran dengan hasil SD N 4 Kubutambahan sebagai kelas kontrol dengan
jumlah siswa 26 dan SD N 7 Kubutambahan sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah 28 siswa. Penelitian ini dalam penyajian data menggunakan metode
kuantitatif deskriptif. Jenis penelitian ialah jenis quasy exsperiment dengan desain
penelitian yaitu Pre Test Post Test Control Group Design yang dianalisis
menggunakan uji t. Sebelum melakukan uji t dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas. Uji normalitas yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji
Kolmogrov Smirnov dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Uji homogenitas pada
penelitian ini menggunakan Uji Levene bantuan program SPSS version 26.0 for
Windows.
Hasil uji normalitas kelas kontrol sebesar 0,116 dan 0,145 pada kelas
eksperimen. Uji homogenitas, nilai signifikansi yang diperoleh lebih besar dari 0,05
maka antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki variansi yang tidak homogen atau heterogen. Setelah melakukan uji t untuk menguji hipotesis,
hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran Team Games Tournament pada pembelajaran matematika terhadap
minat siswa yang dibuktikan dari hasil nilai t-hitung untuk kelas eksperimen adalah
-18.155 dengan probabilitas (Sig.) 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Team Games Tournament, Minat Belajar, Matematika
ABSTRACT
THE EFFECT OF THE TEAM GAMES TOURNAMENT LEARNING
MODEL ON MATHEMATICS LEARNING ON THE LEARNING
INTEREST OF STUDENTS IN CLASS V SD CULTURE II,
KUBUTAMBAHAN DISTRICT
Putu Eka Mega Jayanti
Elementary School Teacher Education Department
Acarya Dharma Faculty
I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University Denpasar
Email: ecamegajayanti18@gmail.com
One of the determining factors for the success of the learning process is
student learning interest. The results of the initial observations found that students
were less interested in participating in learning mathematics. in the classroom. This
is caused by the not yet optimal models and learning media used by teachers.
Learning models and media are less attractive so that students pay less attention to
the teacher, and prefer to chat with other students. The existence of this
phenomenon requires an innovative learning model to increase students' interest in
learning mathematics.
This study proposes the effect of the team games tournament learning model
on fifth grade students' interest in learning mathematics. The purpose of this study
was to determine the effect of the team games tournament learning model to
increase students' interest in mathematics. And it can be useful as reference material
for learning models that can be used for the learning process in class.
There are 7 schools in the Gugus II of the Kubutambahan Sub-District,
namely: (1) SD N 1 Kubutambahan, (2) SD N 2 Kubutambahan, (3) SD N 3
Kubutambahan, (4) SD N 4 Kubutambahan, (5) SD N 5 Kubutambahan, ( 6) SD N
6 Kubutambahan, and (7) SD N 7 Kubutambahan. By carrying out the cluster
random sampling technique and test for approximation with the results of SD N 4
Kubutambahan as the control class with 26 students and SD N 7 Kubutambahan as
the experimental class with 28 students. This research in presenting the data using
descriptive quantitative method. The type of research is a quasy experiment with a
research design, namely Pre Test Post Test Control Group Design which is analyzed
using the t test. Before carrying out the t test, the normality test and homogeneity
test were carried out. The normality test carried out in this study used the
Kolmogrov Smirnov test with the help of SPSS 26.0 for Windows. The
homogeneity test in this study used the Levene Test with the help of the SPSS
version 26.0 for Windows program.
The results of the normality test for the control class were 0.116 and 0.145
in the experimental class. Homogeneity test, the significance value obtained is
greater than 0.05, so the variance between the experimental group and the control group is not homogeneous or heterogeneous. After conducting a t-test to test the
hypothesis, the results showed that there was a significant influence of the Team
Games Tournament learning model on learning mathematics on students' interest
as evidenced by the results of the t-count for the experimental class which was -
18.155 with a probability (Sig.) 0.000 < 0 ,05.
Keywords: Team Games Tournament, Learning Interest, Mathematics
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:09 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/861 |