PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD SARASWATI 1 DENPASAR

NI PUTU MAHENDRAYANTI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SD SARASWATI 1 DENPASAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031094_NI PUTU MAHENDRAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
BERBANTUAN MEDIA BELAJAR QUIZIZZ TERHADAP
KEPUASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
DI SD SARASWATI 1 DENPASAR

NI PUTU MAHENDRAYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: ptyanti84@gmail.com

Kepuasan belajar merupakan salah satu penunjang proses pembelajaran.
Namun, faktanya banyak siswa khususnya di sekolah dasar memiliki kepuasan
belajar yang rendah terutama dalam pelajaran matematika yang ditandai dengan
timbulnya sikap kurang antusias ketika mengikuti proses pembelajaran. Hal ini
disebabkan oleh berbagai faktor seperti guru matematika yang galak maupun
suasana belajar yang monoton. Oleh karena itu perlu diupayakan suatu model dan
media pembelajaran yang dapat membangkitkan kepuasan belajar siswa.. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write
berbantuan media belajar quizizz terhadap kepuasan belajar matematika siswa di
SD Saraswati 1 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian experiment

kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dan bentuk One-
Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini

berupa observasi, kuisioner, studi kepustakaan dan dokumentasi yang kemudian
dianalisis menggunakan statistik parametrik. Hipotesis dalam penelitian ini diuji
menggunakan uji t tipe paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepuasan belajar matematika siswa mengalami peningkatan melalui model
pembelajaran think talk write berbantuan media belajar quizizz yang dilihat dari
nilai signifikansi hasil uji t-test yakni (0,00) < (0,05) dan selisih rata-rata data
pretest (108,00) dan posttest (149,00) yakni sebesar 41,00.
Kata Kunci: Kepuasan Belajar, Think Talk Write, Quizizz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:09
Last Modified: 21 Oct 2025 02:09
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item
View Item