UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 KELAS IV DI SD N 2 SINDUWATI SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM

IDA BAGUS NANDITA YOGA, - (2023) UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 KELAS IV DI SD N 2 SINDUWATI SIDEMEN KABUPATEN KARANGASEM. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031095_IDA BAGUS NANDITA YOGA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMA 7 KELAS IV
DI SD N 2 SINDUWATI SIDEMEN, KABUPATEN KARANGASEM

IDA BAGUS NANDITA YOGA
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email : gusnandita02@gmail.com

Perhatian peserta didik merupakan keaktifan panca indra yang diarahkan
kepada suatu proses pembelajaran atau aktivitas belajar. Banyak peserta didik
khusunya di sekolah dasar perhatian belajrnya masih ada yang kurang karena
masih pada tahap tumbuh dewasa sehingga di pikiran peserta didik banyak
bermain ketimbang fokus belajar. Sebagai guru harus mampu memberikan
rangasangan kepada peserta didik sehingga dapat menumbuhkan minat dan
perhatian belajarnya di kelas. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana
metode yang diterapkan guru dalam meningkatkan perhatian belajar peserta didik
pada pembelajaran tema 7 kelas IV di SD N 2 Sinduwati ?, 2)Bagaimana kendala
dan upaya guru dalam meningkatkan perhatian belajar peserta didik pada
pembelajaran tema 7 kelas IV di SD N 2 Sinduwati?, dan 3) Bagaimana implikasi
upaya guru dalam meningkatkan perhatian belajar peserta didik pada pembelajaran
tema 7 kelas IV di SD N 2 Sinduwati. Teori yang digunakan pada penelitian ini
adalah teori humanistik dan teori behaviorisme.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi data yang telah terkumpul di analisis dengan metode deskriftif
kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Metode yang di berikan guru
kepada peserta didik kelas IV SD N 2 Sinduwati adalah metode inquiry dan metode
pemberian tugas. 2) Kendala dan upaya yang di hadapi guru wali kelas IV untuk
meningkatkan perhatian belajar di SD N 2 Sinduwati pada pembelajaran tema 7
yaitu kesehatan, kemampuan peserta didik, karakteristik peserta didik dan
lingkungan sekolah, cara guru wali kelas IV mengatasi kendala tersebut yaitu
dengan melakukan cek kesehatan dan menerapkan senam, memotivasi peserta
didik, menanamkan sikap saling menghargai kepada peserta didik dan menerapkan
media serbaneka yaitu dengan melakukan eksplorasi ke lingkungan sekolah dan
menampilkan media yang menarik.3) Implikasi penerapan metode inquiry dan
metode pemberian tugas pada pembelajaran tema 7 kelas IV SD N 2 Sinduwati,
yaitu meningkatkan perhatian belajar peserta didik, dan meningkatkan hasil belajar
pada pembelajaran tema 7.
Kata Kunci : Perhatian Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:09
Last Modified: 21 Oct 2025 02:09
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item
View Item