NI KADEK RAI PADMA DEWI, - (2023) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS V SD NEGERI 6 MAS GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031101_NI KADEK RAI PADMA DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK DALAM
PEMBELAJARAN MENULIS KELAS 5 SD NEGERI 6 MAS
GIANYAR
Ni Kadek Rai Padma Dewi
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email:raipadmadewi@gmail.com
Kegiatan pembelajaran menulis di Sekolah Dasar membutuhkan ketekunan dan
keseriusan untuk memotivasi belajar agar pembelajaran menulis berjalan sesuai
dengan rencana yang disusun sebelumnya. Penggunaan media pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar menulis bagi siswa di Sekolah Dasar Negeri 6 Mas,
Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis media pembelajaran. Strategi guru
dalam penggunaan media pembelajaran dan dampak penggunaan media
pembelajaran dalam proses belajar menulis. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Konstruktivistik dan
teori Humanistik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah
Dasar Negeri 6 Mas. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,
kepustakaan, dan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan, jenis media yang digunakan dalam proses belajar
menulis adalah media komik elektronik. Strategi guru yang digunakan adalah
bentuk pembiasaan pada jam pembelajaran disesuaikan dengan RPP yang dibuat
oleh guru. (1) Persiapan sebelum menggunakan media yaitu kegiatan guru sebelum
proses belajar dengan menggunakan media pembelajaran. (2) Penyajian media
yaitu serangkaian kegiatan guru pada saat proses belajar dengan menggunakan
bantuan media pembelajaran. (3) Kegiatan tindak lanjut yaitu kegiatan yang
dilakukan untuk memantapkan pemahaman siswa mengenai materi yang dibahas
dengan mengadakan evaluasi. Dampak penggunaan media komik elektronik bagi
peserta didik adalah: peserta didik akan terbiasa mau membaca, baik itu berupa
buku pelajaran maupun buku komik. Juga peserta didik mau melakukan kegiatan
menulis, yang diberikan oleh gurunya.Disamping itu akan menumbuhkan motivasi
belajar siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran tulis-menulis. Peserta didik
juga terimajinasi untu melakukan kegiatan tulis menulis yang telah dilihat dan
dibaca melalui komik elektronik yang ditayangkan di depan kelas oleh guru.
Kata Kunci: Komik Elektronik Pembelajaran Menulis Sekolah Dasar.
ABSTRACT
PENGGUNAAN MEDIA KOMIK ELEKTRONIK DALAM
PEMBELAJARAN MENULIS KELAS 5 SD NEGERI 6 MAS
GIANYAR
Ni Kadek Rai Padma Dewi
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email:raipadmadewi@gmail.com
Writing learning activities in elementary schools require perseverance and
seriousness to motivate learning so that learning to write goes according to the plans
previously prepared. The use of learning media can increase motivation to learn to
write for students at 6 Mas Public Elementary School, Ubud District, Gianyar
Regency.
This study aims to determine the type of learning media. The teacher's strategy in
using learning media and the impact of using learning media in the process of
learning to write. This study uses a qualitative descriptive research design using
Constructivistic theory and Humanistic theory. The subjects in this study were
teachers and students at SD Negeri 6 Mas. The method used is the method of
observation, interviews, literature, and documents.
The results showed that the type of media used in the process of learning to write
was electronic comic media. The teacher's strategy used is a form of habituation in
learning hours adjusted to the lesson plan made by the teacher. (1) Preparation
before using the media, namely teacher activities before the learning process using
learning media. (2) Media presentation, namely a series of teacher activities during
the learning process using the help of learning media. (3) Follow-up activities,
namely activities carried out to strengthen students' understanding of the material
discussed by conducting evaluations. The impact of using electronic comic media
for students is: students will get used to reading, both in the form of textbooks and
comic books. Also students want to do writing activities, which are given by the
teacher. Besides that it will foster student learning motivation to carry out learning
writing activities. Students also have the imagination to carry out writing activities
that have been seen and read through electronic comics that are shown in front of
the class by the teacher.
Keywords: Electronic Comics for Elementary School Writing Learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:09 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:09 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/865 |