PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

PUTU DAMAYANTI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031117_PUTU DAMAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV
SD NEGERI 2 TONJA DENPASAR UTARA

TAHUN AJARAN 2022/2023

PUTU DAMAYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email : putudamayanti0452001@gmail.com
Berdasarkan observasi di SDN 2 Tonja pada peserta didik kelas IV
ditemukan masalah dalam pembelajaran khususnya pada matematika karena guru
masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional (ceramah) dan tanpa
media pembelajaran sehingga mengakibatkan peserta didik menjadi pasif dan tidak
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang akhirnya berdampak pada
hasil belajar peserta didik dibawah kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP)
yaitu 70. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe make a match
diharapkan dapat memberikan pengaruh pada hasil belajar matematika peserta
didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika pada
peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tonja Denpasar Utara Tahun Ajaran 2022/2023.

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain non-
equivalen control group design. Poulasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik

kelas IV SD Negeri 2 Tonja Denpasar Utara. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah jenis non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh.
Total sampel penelitian berjumlah 51 peserta didik, dengan 26 peserta didik kelas
IV A sebagai kelompok eksperimen dan 25 peserta didik dari kelas IV B sebagai
kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
metode tes pretest dan posttest, tes yang digunakan berupa tes objektif (pilihan
ganda) berjumlah 15 butir soal yang sudah tervalidasi. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik
yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan peserta
didik yang belajar tidak dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan
Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar matematika pada
peserta didik kelas kelas IV SD Negeri 2 Tonja Denpasar Utara Tahun Ajaran
2022/2023.
Kata Kunci : kooperatif tipe make a match, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:10
Last Modified: 21 Oct 2025 02:10
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item
View Item