KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA

NI LUH PUTU DINA PYARANI JAYANTI, - (2023) KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911031121_NI LUH PUTU DINA PYARANI JAYANTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP ILMIAH
SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA

NI LUH PUTU DINA PYARANI JAYANTI
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: dinapyarani01@gmail.com

Penelitian yang berjudul “Komparasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan
Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Mata
Pelajaran Tematik Muatan IPA”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
komparatif, yang dilaksanakan untuk mengetahui perbandingan sikap ilmiah siswa
yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran
berbasis masalah, serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pelaksanaan
pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran
berbasis masalah. Sampel penelitian ini berjumpah 61 siswa kelas V di SDN7 Sesetan.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan
cara pengundian.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan alat ukur berupa pre-
kuisioner dan post-kuisioner serta kuisioner tanggapan siswa yang melalui uji validasi

isi, validitas empiris, dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh berskala ordinal, yang
diolah dengan bantuan program IMB SPSS Versi 24. Teori yang digunakan untuk
menganalisis masalah ini adalah teori belajar kognitif dan teori belajar konstruktivisme.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan
anatara sikap ilmiah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri dan
model pembelajaran berbasis masalah. 2) Sikap ilmiah siswa yang belajar
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang
belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri. 3) Tanggapan siswa yang menyukai
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang
belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri.

Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Berbasis
Masalah, Sikap Ilmiah, IPA

ABSTRACT

COMPARISON OF INQUIRY LEARNING MODEL WITH PROBLEM-BASED
LEARNING MODEL ON STUDENTS' SCIENTIFIC ATTITUDES IN
THEMATIC SUBJECTS OF SCIENCE CONTENT
NI LUH PUTU DINA PYARANI JAYANTI
Department of Elementary School Teacher Education

Faculty of Dharma Acarya

I Gusti Bagus Sugriwa State Hindu University Denpasar

Email: dinapyarani01@gmail.com

The research entitled "Comparison of Inquiry Learning Model with Problem-
Based Learning Model on Student Scientific Attitudes in Thematic Subjects of

Science Content". This research is a comparative quantitative research, which was
carried out to determine the comparison of scientific attitudes of students who learn
using inquiry learning models with based learning models problems, as well as to
find out student responses to the implementation of learning using inquiry learning
models and problem-based learning models. The sample of this study found 61 grade
V students at SDN7 Sesetan. The sampling technique uses a simple random sampling
technique by lottery.
This study used an experimental method, with measuring instruments in the
form of pre-questionnaires and post-questionnaires as well as questionnaires of
student responses through content validation tests, empirical validity, and tests
reliability. The data obtained are ordinal scale, which is processed with the help of
the IMB SPSS Version 24 program. The theories used to analyze this problem are
cognitive learning theory and constructivism learning theory.
The results showed that: 1) There was a significant difference between the
scientific attitudes of students who learned using the inquiry learning model and the
problem-based learning model . 2) Scientific attitude of students Those who learn
using the problem-based learning model are higher than students who learn using
the inquiry learning model. 3) Responses of students who like using the model
Problem-based learning is higher than students who learn using the inquiry learning
model.

Keywords: Inquiry Learning Model, Problem-Based Learning Model, Scientific
Attitude, Science

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:11
Last Modified: 21 Oct 2025 02:11
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item
View Item