NI MADE KUSNIARI, - (2023) PERILAKU PERUNDUNGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SD NEGERI 12 PEMECUTAN). Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911031122_NI MADE KUSNIARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PERILAKU PERUNDUNGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
(STUDI KASUS DI SD NEGERI 12 PEMECUTAN)
Ni Made Kusniari
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Emai : madekusniari12@gmail.com
Perilaku perundungan merupakan sebuah tindakan kekerasan yang dilakukan
secara sengaja maupun tidak sengaja baik secara fisik, verbal ataupun rasioanal yang
dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan atau kesenangan sendiri bagi
pelaku. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah gambaran
perilaku perundungan pada anak usia sekolah dasar di SD Negeri 12 Pemecutan? (2)
apa strategi sekolah dalam mencegah perundungan pada anak usia sekolah dasar di SD
Negeri 12 Pemecutan? (3) apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam menyikapi
perilaku perundungan pada anak usia sekolah dasar di SD Negeri 12 Pemecutan?
Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk dapat mengetahui bagaimana gambaran
perilaku perundungan, strategi yang digunakan dalam mencegah perilaku perundungan
dan kendala-kendala yang dihadapi dalam menyikapi perilaku perundungan yang
terjadi pada anak usia sekolah dasar khususnya di SD Negeri 12 Pemecutan. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori perkembangan Psikososial menurut
Erik.H.Erikson. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif dimana subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada
di lingkungan SD Negeri 12 Pemecutan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
perilaku perundungan yang masih terjadi di SD Negeri 12 Pemecutan yaitu: (1)
perundungan verbal seperti memberi nama julukan, menyebut nama orang tua, ejekan
dan fitnah (2) perundungan fisik seperti memukul, melempar, mencubit, menjambak
dan menendang (3) perundungan rasional seperti pengabaian dan lirikan mata. Adapun
strategi yang digunakan dalam menangani perilaku perundungan berupa strategi
reinfoement atau penguatan dan punishement atau hukuman dan kendala-kendala yang
dihadapi yaitu: kendala dari guru kelas dan kendala dari kepala sekolah
Kata kunci: Perundungan, Sekolah Dasar
ABSTRAK
PERILAKU PERUNDUNGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
(STUDI KASUS DI SD NEGERI 12 PEMECUTAN)
Ni Made Kusniari
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Emai : madekusniari12@gmail.com
Bullying behavior is an act of violence carried out intentionally or
unintentionally either physically, verbally or racially carried out with the aim of getting
satisfaction or pleasure for the perpetrator. The formulation of the problem in this
study includes: (1) how is the description of bullying behavior in elementary school-
age children at SD Negeri 12 Pemecutan? (2) What is the school's strategy in
preventing bullying among elementary school-aged children in SD Negeri 12
Pemecutan? (3) What are the obstacles faced in addressing bullying behavior in
elementary school-age children at SD Negeri 12 Pemecutan?. The purpose of this study
was to be able to find out how the description of bullying behavior, strategies used in
preventing bullying behavior and obstacles faced in responding to bullying behavior
that occurs in elementary school-age children, especially in SD Negeri 12 Pemecutan.
The theory used in this study is the theory of psychosocial development according to
Erik.H.Erikson. The research method used in this study is a qualitative descriptive
method where the subject of this study is all students in SD Negeri 12 Pemecutan. The
results of this study show that bullying behaviors that still occur in SD Negeri 12
Pemecutan are: (1) verbal bullying such as naming nicknames, mentioning parents'
names, ridicule and slander (2) physical bullying such as hitting, throwing, pinching,
grabbing and kicking (3) rational bullying such as neglect and eye glances. The
strategies used in dealing with bullying behavior are in the form of reinfoement
strategies or reinforcement and punihement or punishment and the obstacles faced are:
class teacher constraints and principal constraints.
Keywords: Bullying, Elementary School
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:11 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:11 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/874 |