I PUTU GEDE GUNADI, - (2023) SANGGAR SENI SABDA MURTI SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI DESA ADAT KERTA DESA PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1811011068_Gede Gunadi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
SANGGAR SENI SABDA MURTI SEBAGAI MEDIA
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI DESA ADAT KERTA
DESA PETANG KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG
I PUTU GEDE GUNADI
Program Studi Pendidikan Agama Hindu Jurusan Pendidikan Agama Fakultas
Dharma Acarya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: tudemx99@gmail.com
Pendidikan Agama Hindu yang pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu
pendidikan formal dan non formal. Salah satu pendidikan agama hindu melalui
non formal yaitu melalui sebuah Sanggar seni yang di mana di desa adat kerta
terdapat sanggar seni Sabda Murti yang menjadi wadah bagi generasi muda dalam
berkarya. Adapun permasalahan yang akan dibahas di dalam penelitian ini adalah:
(1), Bagaimana bentuk pola media pendidikan Agama Hindu melalui Sanggar Seni
Sabda Murti di Desa Adat Kerta? (2) Bagaimana kendala dan upaya pendidikan
Agama Hindu melalui media Sanggar Seni Sabda Murti di Desa Adat Kerta?, (3)
Nilai-nilai pendidikan Agama Hindu apa saja yang bisa ditransformasikan melalui
media Sanggar Seni Sabda Murti di Desa Adat Kerta?
Penelitian ini menggunakan tiga teori yaitu teori fungsional struktural, teori
Srimulus konvergensi, dan teori Nilai, Teori fungsional struktural ini digunakan
untuk membahas dan menganalisa permasalahan yang pertama. Teori konvergensi
peneliti gunakan untuk membedah permasalahan yang kedua. Teori nilai digunakan
untuk untuk membedah permasalahan yang ketiga.
Hasil yang diperoleh bahwa: (1) Pola mengenai pendidikan Agama Hindu
dalam ruang lingkup kegiatan sanggar baik berupa ngayah maupun tidak dapat di
bagi menjadi tiga bentuk yaitu; bentuk sanggar, bentuk pelatihan dan bentuk
pementasan, (2) Berdasarkan atas hasil observasi dan wawancara, dengan
Pembina, pengurus serta anggota sanggar, dapat peneliti kelompokkan kendala
yang dihadapi oleh sanggar seni Sabda Murti menjadi 2 kelompok, yaitu kendala
yang bersifat internal dan bersifat eksternal. (3) Nilai pendidikan Agama Hindu
yang bisa ditranformasikan kepada generasi muda Hindu adalah nilai pendidikan
filosofis, nilai pendidikan etika/susila, nilai pendidikan upacara, nilai pendidikan
estetika, dan nilai pendidikan sosial budaya.
Kata kunci: Sanggar Seni Sabda Murti, Media Pendidikan, Pendidikan
Agama Hindu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:11 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:11 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/879 |