PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 6 BATUBULAN

I PUTU ADITYA DHARMA, - (2023) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 6 BATUBULAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011085_I PUTU ADITYA DHARMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS

III DI SD NEGERI 6 BATUBULAN
I PUTU ADITYA DHARMA
Jurusan Pendidikan Agama
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: adityadharma17042001@gmail.com

Perilaku Disiplin dari siswa merupakan salah satu bentuk Pendidikan
karakter yang dapat digunakan sebagai bekal dalam hidup. Tujuan pendidikan
karakter adalah untuk mengatasi masalah krisis yang kompleks. Pendidikan
agama Hindu berkontribusi pada pengembangan karakter karena studi Hindu
secara strategis penting untuk membentuk kepribadian dan temperamen
seseorang. Sekolah SD Negeri 6 Batububulan memberikan tanggung jawab yang
cukup kepada anak-anak untuk membantu mereka berkembang menjadi individu
yang disiplin. Adapun masalah yang akan dibahas meliputi: (1) Bagaimanakah
peran guru pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam membentuk karakter
disiplin pada siswa kelas III di SD Negeri 6 Batubulan? (2) Apa kendala yang
dialami guru pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SD Negeri 6 Batubuan
dalam membentuk kedisiplinan siswa kelas III? (3) Upaya apa yang dilakukan
oleh guru pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SD 6 Batubulan untuk
mengatasi kendala dalam membentuk karakter disiplin?. Teori peran dan
behaviorisme adalah ide-ide yang digunakan untuk menganalisis setiap masalah
yang telah dirumuskan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif inkuiri. Saat
mengumpulkan data, digunakan metode seperti observasi, wawancara, studi
pustaka, dokumentasi, metode pengumpulan data, metode analisis data, reduksi
data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi, serta penyajian analisis data.
Hasil penelitian, yaitu (1) Bagaimana guru pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti di SD Negeri 6 Batubulan membentuk karakter disiplin pada siswa kelas
III, khususnya: peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai guru, peran guru
sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai pelatih.
(2) ) Kurangnya kesiapan guru dalam penyajian materi ajar kepada siswa dalam
proses pembelajaran dan kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya
kedisiplinan. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Agama Hindu dan
Budi Pekerti di SD 6 Batubulan untuk mengatasi kendala membentuk karakter
disiplin pada siswa kelas III, antara lain: memberikan contoh bagi orang lain
untuk diikuti, dan menerapkan pendekatan yang lebih intensif kepada siswa.

Kata kunci : Peranan Guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti,
Membentuk Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:11
Last Modified: 21 Oct 2025 02:11
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item
View Item