STRATEGI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD NO 4 SULANGAI PETANG KABUPATEN BADUNG

I PUTU SUKMA HERNANDA, - (2023) STRATEGI GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DI SD NO 4 SULANGAI PETANG KABUPATEN BADUNG. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011098_I PUTU SUKMA HERNANDA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

STRATEGI GURU DAN ORANG TUA DALAM
MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V
PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU
DI SD NO 4 SULANGAI PETANG KABUPATEN BADUNG

I PUTU SUKMA HERNANDA
Jurusan Pendidikan Agama
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Email: sukmahernanda61@gmail.com

Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi
serangkaian kegiatan pembelajaran yang di desain secara khusus baik metode
ataupun pemanfaatannya untuk mencapai tujuan pendidikan agar dapat
memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Hindu. Adapun
masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimana strategi yang akan di
gunakan guru dan orang tua dalam meotivasi belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Hindu di SD No 4 Sulangai? (2) Apa kendala yang dihadapi
guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa di SD No 4 Sulangai? (3) Apa
upaya yang dilakukan guru dan orang tua untuk mengatasi kendala dalam
memotivasi belajar siswa di SD No 4 Sulangai? Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1) Strategi guru dan orang tua (2) Motivasi belajar siswa (3)
Pendidikan Agama Hindu. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah
adalah : teori Behavioristik dari Edward Lee Thorndike, teori Motivasi dari
McClelland, teori Humanistik dari Maslow. Subjek penelitian ini adalah Guru
Agama Hindu dan Orangtua Siswa, metode pengumpulan data adalah dengan
observasi, studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah
terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan langkah
reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi guru dan orang dalam memotivasi
belajar siswa dengan memberikan apresiasi dan pujian mengikut sertakan siswa
dalam kegiatan keagamaan sehari-hari, (2) Kendala yang dialami guru dan orang
tua dalam memotivasi belajar siswa adalah siswa masih belum lancar membac a
dan cepat merasa jenuh, orang tua kewalahan dalam mengatur waktu berada di
rumah, (3) Upaya guru dan orang tua dalam memotivasi belajar siswa guru
mengajak siswa membaca disetiap pertemuan agar siswa cepat lancar membaca
orang tua mengajak anak untuk ikut dalam kegiatan keagamaan melalui kegiatan
sehari-hari seperti mabanten nasi dan mabanten canang sehari-hari.
Kata Kunci : Strategi Guru dan Orangtua, Motivasi belajar siswa,
Pendidikan Agama Hindu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:11
Last Modified: 21 Oct 2025 02:11
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item
View Item