STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK PASRAMAN VISVA PRABHUJA DESA WANASARI KALIMANTAN SELATAN

I WAYAN LEO PRATAMA, - (2023) STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERASI BERAGAMA PESERTA DIDIK PASRAMAN VISVA PRABHUJA DESA WANASARI KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1811011104_I WAYAN LEO PRATAMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Implementasi pendidikan karakter moderasi beragama harus dimulai sejak
dini, kususnya di daerah atau lingkungan masyarakat yang heterogen seperti di
Kalimantan selatan. Pendidikan karakter moderasi beragama dilakukan melalui
tiga ranah yaitu pendidikan di dalam keluarga, pendidikan di sekolah, dan
pendidikan di masyarakat. Dukungan masyararakat dalam pendidikan Agama
Hindu ialah melalui penyelenggaraan pendidikan non formal berupa pasraman.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi penguatan
pendidikan karakter dalam membentuk sikap moderasi beragama, mengatahui
kendala dan upaya dan memahami implikasi. Metode penelitian ini menggunakan
jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pasraman Visva Parabuja
Kalimantan selatan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi,
wawancara, studi pustaka dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini
bentuk strategi penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap moderasi
beragama di Pasraman visva prabhuja dilakukan dengan cara perencanaan
pembelajaran, materi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Kendala
meliputi menajemen alokasi waktu, jarak yang harus ditempuh dan juga fasilitas
pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut
menerapkan pendekatan personal untuk mengoptimalkan waktu pembelajaran,
memberikan keleluasaan waktu kepada peserta didik, Memanfaatkan sarana dan
prasarana yang dimiliki. Implementasi karakter moderasi beragaman melalui
sikap menghormati dan menghargai, menerima perbedaan dan sikap toleran,
tolong menolong, mau berbagi, sopan satun, dan rendah hati. Implementasi dalam
pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek yang
dilakukan dengan latihan keterampilan.

Kata Kunci :Strategi Penguatan, Pendidikan Karakter, Sikap Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:11
Last Modified: 21 Oct 2025 02:11
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item
View Item