IDENTIFIKASI MASALAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 GIANYAR

NI PUTU CINTYA PURNAMI, - (2023) IDENTIFIKASI MASALAH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 GIANYAR. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011001_Ni Putu Cintya Purnami.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

IDENTIFIKASI MASALAH PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 GIANYAR

NI PUTU CINTYA PURNAMI
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Jurusan Pendidikan Agama
Fakultas Dharma Acarya

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

e-mail: cintyapurnami25@gmail.com

Pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti adalah proses pembelajaran
peserta didik untuk menjalankan pilar-pilar keberagamaan yang meliputi
Tattwa, Susila, dan Acara. Kurikulum merdeka belajar adalah kurikulum
dengan pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan
karakter Pancasila.
Permasalahan yang dibahas yaitu (1) Bagaimanakah langkah-langkah
pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam
penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 3 Gianyar?, (2) Bagaimanakah
masalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti
dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SDN 3 Gianyar? (3)
Bagaimanakah upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam penerapan kurikulum
merdeka belajar di SDN 3 Gianyar?.
Tujuan penelitian untuk menganalisis tentang identifikasi masalah
pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar
Negeri 3 Gianyar. Teori yang digunakan untuk membedah rumusan masalah
yaitu teori motivasi, teori kontrukstivisme dan teori belajar kognitif. Adapun
metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan
observasi.
Hasil penelitian menunjukan: (1) langkah-langkah pelaksanaan
pembelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti dalam kurikulum
merdeka belajar diperlukan persiapan yang matang bagi guru dengan membuat
kegiatan belajar seperti modul pembelajaran. (2) adapun permasalahan atau
kendala bagi guru dan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama
Hindu dan Budi Pekerti dalam penerapan kurikulum merdeka belajar seperti
kurang memahami penggunaan media pembelajaran seperti media audio visual.
Untuk menangani kendala tersebut terdapat upaya yang dilakukan oleh guru
dan peserta didik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Kendala dalam Pelaksanaan Pembelajaran, Penerapan
Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:12
Last Modified: 21 Oct 2025 02:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item
View Item