NI KADEK INDAH DWI RAHAYU, - (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
![[thumbnail of Skripsi]](http://repository.uhnsugriwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1911011012_NI KADEK INDAH DWI RAHAYU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI
SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL
Ni Kadek Indah Dwi Rahayu
Program Studi Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: dwirahayuindah752@gmail.com
Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang berisi tentang
rangkaian kegiatan, yang telah disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan
pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran
yang dilakukan oleh guru harus sesuai dengan kurikulum, kondisi dan kebutuhan
peserta didik. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, seorang guru harus
mampu menerapkan strategi pembelajaran yang mampu menciptakan proses
pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti
strategi guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam menerapakan
Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan strategi guru
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam menerapkan Kurikulum Merdeka
di SMA Negeri 1 Abiansemal, 2) Menganalisis kendala yang dihadapi guru
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti dalam menerapkan strategi
pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Abiansemal, 3)
Menganalisis upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi
Pekerti dalam menanggulangi kendala dalam menerapkan strategi pembelajaran
pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Abiansemal. Teori yang digunakan
dalam membedah rumusan masalah adalah teori Konstruktivisme Jean Peaget.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian metode kualitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi
dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan
langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi pembelajaran yang
diterapkan guru di dalam kelas meliputi beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan
pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi pembelajaran.
2) Kendala yang dihadapi adalah kurang optimalnya pelaksanaan literasi,
kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik, dan sarana pembelajaran yang
kurang memadai. 3) Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kegiatan literasi,
melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, mengikuti workshop atau
pelatihan penggunaan media pembelajaran, kepala sekolah melaksanakan
supervisi, meningkatkan kreativitas guru dan melaksanakan pengelolaan sarana
pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Strategi guru Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti, Penerapan Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu |
Depositing User: | Unnamed user with username isma |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:12 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 02:12 |
URI: | http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/896 |