PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN AJARAN 2022/2023

NI MADE FANNY DIANIS SVARI, - (2023) PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
1911011014._NI MADE FANNY DIANIS SVARI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW

TERHADAP HASIL BELAJAR

PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI
PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUTA

TAHUN AJARAN 2022/2023
NI MADE FANNY DIANIS SVARI
Jurusan Pendidikan Agama Hindu
Fakultas Dharma Acarya
Universitas Hindu Negeri
I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Email: fannydianis@gmail.com

Belajar merupakan suatu proses untuk mecapai sebuah tujuan, siswa
menemukan masalah baru, kesulitan saat belajar dengan metode ceramah, untuk
mengatasi permasalahan di pergunakan metode kooperatif tipe jigsaw dirancang
untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran yang
diberikan (1) pengaruh Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar
Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kuta
Tahun Ajaran 2022/2023. (2) Respon Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Metode
Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di
SMA Negeri 1 Kuta Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
(1) pengaruh metode kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X dalam
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Kuta Tahun Ajaran
2022/2023. (2) Respon Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Metode kooperatif jigsaw
dalam Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Kuta
Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan
desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 501 seluruh
siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuta. Sampel diambil dengan teknik cluster random
sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas X IPS 2 sebagai kelompok eksperimen
dengan jumlah siswa 36 orang dan siswa kelas X IPS 3 sebagai kelompok kontrol dengan
jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data pilihan ganda dan menggunakan
kuesioner. Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan

teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Rata-rata skor pre-
test kelompok eksperimen 61 berada pada kategori sedang, dan rata-rata pre-test pada

kelompok kontrol 60 berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok
eksperimen 75 berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok
kontrol 72 berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung =
16,813 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 69 adalah 3,980 Hal ini
menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar daripada Ftabel (16,813 > 3,980) sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima. Hasil respon siswa kelas X IPS 2 dengan perolehan nilai rata-rata
persentase 86,93% yang dikategorikan tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar
Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kuta
Tahun Ajaran 2022/2023. Disarankan agar lebih kreatif dalam merancang pembelajaran
dengan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk mencapai tujuan
pembelajaran secara optimal agar dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan
mendorong para guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif.
Kata kunci: Metode Kooperatif tipe Jigsaw, Agama Hindu dan Budi Pekerti

ABSTRAC

Learning is a process to achieve a goal, students find new problems, difficulties
when learning with the lecture method, to overcome problems use the jigsaw
cooperative method designed to increase students' sense of responsibility for the
learning given (1) the influence of the Jigsaw Cooperative Method on Learning
Outcomes of Hindu Religious Education and Characteristics in Grade X Students
at SMA Negeri 1 Kuta for the Academic Year 2022/2023. (2) X Responses of Class
Students to the Application of the Jigsaw Cooperative Method in Learning
Hindu Religion and Moral Education at SMA Negeri 1 Kuta, Academic Year
2022/2023. This study aims to determine (1) the effect of the jigsaw cooperative
method on the learning outcomes of class X students in Hinduism and Moral
Education at SMA Negeri 1 Kuta, Academic Year 2022/2023. (2) Responses of
Class X Students to the Application of the Jigsaw Cooperative Method in Hindu
Religious and Moral Education Lessons at SMA Negeri 1 Kuta, Academic Year
2022/2023. This research is a quasi-experimental study with a non-equivalent
control group design. The population of this study was 501 students of class X
SMA Negeri 1 Kuta. The sample was taken by cluster random sampling technique
and the samples were obtained, namely class X IPS 2 students as the experimental
group with 36 students and class X IPS 3 students as the control group with 36
students. Multiple choice data collection methods and using a questionnaire. The
research data were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and
inferential statistical analysis techniques with the Anakova test (Covariance
Analysis). The average pre-test score of the experimental group 61 is in the
medium category, and the average pre-test in the control group 60 is in the low
category. The post-test average of the experimental group was 75 in the high
category, while the post-test average of the control group was 72 in the medium
category. The results of the Anakova test analysis obtained Fcount = 16.813 and
Ftable at a significance level of 5% with dk = 69 was 3.980. This shows that
Fcount is greater than Ftable (16.813 > 3.980) so that H0 is rejected and H1 is
accepted. The results of the responses of class X IPS 2 students with the
acquisition of an average percentage of 86.93% which are categorized as high. So
it can be concluded that there is a significant influence on the Jigsaw Cooperative
Method on Learning Outcomes of Hindu Religious Education and Characteristics
in Class X Students at SMA Negeri 1 Kuta in the 2022/2023 Academic Year. It is
recommended to be more creative in designing learning by applying various
learning models to optimally achieve learning objectives in order to improve the
quality of education by encouraging teachers to apply innovative learning models.
Keywords: Jigsaw Cooperative Method, Hindu Religion and Moral

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dharma Acarya > S1 - Pendidikan Agama Hindu
Depositing User: Unnamed user with username isma
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:12
Last Modified: 21 Oct 2025 02:12
URI: http://repository.uhnsugriwa.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item
View Item